Informasi Penting Seputar Kesehatan Ibu Hamil

by Tri Enik Pujiati , at 19.45 , have 2 komentar
Seputar kesehatan ibu hamil, kehamilan memang momen yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan yang telah menikah, dengan hamil akan mendapatkan keturunan yang bisa dibuat penerus generasi silsilah keluarga, pada kehamilan akan terjadi perubahan-perubahan hormon dan juga tanda-tanda lainnya seperti:

seputar kesehatn ibu hamil

Info Kesehatan Ibu Hamil


1. Mual

Mual dan muntah?, wah jangan-jangan sahabat hamil, momen ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pasangan yang telah menikah.

Mual muntah memang sering terjadi kebanyakkan orang, biasanya mual akan terjadi lebih parah pada saat pagi hari atau disebut dengan morning sickness, sahabat bisa mengatasi masalah mual muntah ini dengan menggunakan jahe atau banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6.

2. Payudara yang tambah membesar

Tanda-tanda yang lain saat kehamilan adalah payudara yang semakin tambah membesar karenan, peningkatan produksi hormone ekstrogen dan progesterone. 

Pada saat perubahan pada payudara menjadi membesar akan memberikan efek rasa nyeri hal ini memberikan rasa kurang nyaman. Dan pada putting akan menjadi tambah besar dan areola (lingkaran coklat disekitar puting) akan terlihat lebih gelap.

3. Perubahan bentuk tubuh

Perubahan bentuk tubuh akan terjad seirng dengan umur kehamilan, pada usia kandungan mencapai 12 minggu berat badan akan naik sekitar 1.4-2,8 kg.

Kenaikkan berat badan ini wajar karenan janin juga bertambah, dan biasanya perubahan lainnya terjadi seperti lingkar lengan, bokong dan paha yang bertambah besar, serta terjadi pembengkakan didaerah kaki untuk mengatas masalah ini, sahabat harus banyak melakukan ativitas, seperti jalan-jalan.

4. Sering buang air kecil

Terjadinya kehamilan akan menjadikan rahim mendorong kandung kemih sehingga wanita hamil akan lebih sering buang air besar.

Dan pada saat kehamilan sangat perlu penjagaan kesehatan kehamilan, agar mendapatkan tubuh yang fit pada saat hamil dan dan menjaga pertumbuhan janin sehat dalam kehamilan.

Diperlukannya asupan nutrisi saat kehamilan karena semuan asupan makanan yang dimakan ibu akan mempengaruhi tumbuh kembang janin secara optimal.

Ada pun beberapa makanan yang wajib dikonsumsi selama kehamilan adalah:

seputar kesehatan ibu hamil

1. Penuhilah asupan nutrisi

perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kabohidrat, kalori dan juga protein, karena tubuh sedang membawa janin, didalam tubuh ada 2 nyawa yaitu ibu dan juga janin sehinggga menjadikan tubuh memerlukan banyak tenaga.

Makanlah dengan porsi yang lebih banyak dari pada porsi sebelum sahabat hamil, hal ini menjadikan tubuh tidak mudah lelah, lemas dan membuat tumbuh kembang bayi menjadi optimal. 

Fungsi karbohidrat, kalori dan protein, karbohidrat, kalori dan protein adalah asupan makanan yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan tenaga, pada saat hamil tubuh memerlukan sekitar 175 gram/gram, protein 1,1 gram/hari dan kalori 350-450 kkal, mengingat karena tubuh sedang mengandung.

Makanan yang mengandung banyak karohidrat seperti nasi, ubi-ubian, kentang, jagung, kacang-kacangan.

2. Penuhi juga asam lemak

Asam lemak ini berfungsi sebagai vitamin yang digunakan sebagi membantu pertumbuhan sel-sel baru untuk perkembangan janin di dalam kandungan, makanan yang banyak mengandung asam lemak terdapat pada bayam, kacangm brokoli, sawi, piking, jeruk, papaya, kentang, sereal, hati sapi.

Baca juga:Daftar Multivitamin Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dipenuhi

3. Penuhi akan vitamin A,B,C,D,E,K

Tubuh memerlukan vitamin baik saat tubuh tidak hamil maupun saat sedang hamil. 

Vitamin ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh ibu dan juga janin dalam kandungan, (vitamin A, Vit B2, Vitt B, Vit B3, Vit K), ini bisa sahabat peroleh dari makanan yang berdaun hijau ataupun orange.

Dan (Vit B1, Vit B3) terdapat pada kacang-kacangan.

(Vit A, Vit B3, Vit B6, Vit B12) bisa didapatkan daari daging/hati.

(Vit B1, Vit B3, Vit B6, Vit E) dapat didapatkan sereal/gandum.

(Vit B5, Vit C) dapat diperoleh dari buah-buahan)

Sedangakan Vit D dapat diperoleh dari sinar matahari.

4. Kalsium

Penuh juga kalium, kalsium ini dapat berfungsi sebagai kesehatan gigi dan juga tulang pada bayi. Kalsium ini dapat sahabat dapatkan dari susu, keju, ikan salmon, dan juga kedelai.

5. Zat besi

Penuhi zat besi untuk mencegah terjadnya anemia, dan zat besi ini berfunsi sebagai pengangkut oksigen (hemoglobin) dapat mencegah terjadinya pusing.

Zat besi ini dapat peroleh dari daging, ikan dan juga susu, kebutuhan zat besi setiap hari 30 mg/hari.

6.Omega lemak 3

Omega lemak ini dapat menjadikan kecerdasaan pada janin, makanan yang banyak mengandung omega 3.

Sahabat peroleh dari susu, ikan (sarden, mackerel, salmon) biji-bjian (biji labu kuning dan biji bunga matahari atau kuaci).

Demikanlah seputar mengenahi seputar kesehatan ibu hamil, dan semoga artikel ini dapat sahabat gunakan sebagai referensi dalam menjaga kesehatan kehamilan ibu, dan terimaksih telah memebaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Informasi Penting Seputar Kesehatan Ibu Hamil - posted by Trias Enik , published at 19.45, categorized as kehamilan . And have 2 komentar
2 komentar Add a comment
Unknown
Terimakasih informasinya, cukup membantu.
Salam, Kumpulan produk Vitamin B3 [ http://goo.gl/hzFpPY ]
Reply Delete
Unknown
bermanfaat kalo dipadukan sama tips dim caracepathamil.biz
Reply Delete
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya