Solusi Jitu Untuk Masalah Gigi Berlubang

by Tri Enik Pujiati , at 16.07 , have 0 komentar
Masalah gigi berlubang, gigi merupakan salah satu organ tubuh, yang memiliki fungsi sebagai pelumat makanan agar menjadi lebih lembut dan mempermudahkan proses pencernaan yang selanjutnya.

Selain itu gigi memiliki fungsi sebagai salah satu organ kecantikan dengan memiliki gigi yang putih dan juga bersih akan terlihat cantik dan juga menarik, salah satu masalah kesehatan pada gigi ialah gigi berlubang, gigi berlubang akan memberikan rasa nyeri pada gigi.

Penyebab dari gigi berlubang adalah bakteri yang memakan sisa-sisa makanan yang berupa gula yang melekat pada permukaan gigi dan selanjutnya bakteri tersebut akan mengubah gula menjadi asam, dikarenakan permukaan gigi asam akan mengakibatkan gigi menjadi berlubang  yang mana seharusnya keadaan permukaan gigi dan mulut ialah basa.

Bakteri yang menyebabkan permukaan gigi menjadi asam dapat mempengaruhi mineral pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitive, awalnya lubang pada permukaan gigi ini kecil akan tetapi lubang tersebut akan menjadi celah masuknya sisa-sisa makanan dan akan mengundang bakteri-bakteri penyebab gigi berlubang.

Dan apabila gigi berlubang terus dibiarkan tanpa ada penanganaan atau sahabat malas membersihkan gigi seperti sikat gigi, lama-kelamaan lubang pada gigi tersebut menjadi semakin besar.

masalah gigi berlubang

Penyakit Masalah Gigi Berlubang


Gigi berlubang adalah jalan utama masuknya bakteri dan kuman menuju ke dalam aliran darah. gigi berlubang ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak, orang dewasa, orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Oleh sebab itu perawatan gigi sejak dini sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

Gigi berlubang memiliki variasi tergantung pada luas dan juga letaknya, apabila gigi berlubang masih kecil biasanya tidak akan memberikan rasa sakit sama sekali, dan apabila gigi berlubang tersebut menjadi semakin besar dan membusuk memiliki tanda dan gejala seperti;

1. Rasa sakit pada gigi

2. Gigi menjadi lebih sensitive

3. Terasa nyeri sampai rasa nyeri menusuk ketika dibuat makan dan juga minum baik manis, dingin dan juga panas.

4. Biasanya akan menimbulkan nanah disekitar gigi, terutama saat sahabat menekan bagian gusi sahabat.

5. Terasa nyeri ketika dibuat mengigit makanan.

Demikianlah seputar masalah gigi berlubang, dan pada pertemuan kali ini Eni juga akan memberikan langkah-langkah penanganan pada gigi berlubang yang bisa sahabat lakukan:

1. Sikat gigi

Sikat gigi merupakan tindakan  awal untuk mencegah keadaan menjadi lebih buruk, dengan menyikat gigi dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang melekat pada permukaan gigi dan juga lubang gigi.

Lakukanlah sikat gigi sebanyak 2 kali dalam sehari setelah makan dan sebelum menjelang tidur.

2. Hindarilah beberapa makanan tertentu

Gigi berlubang memang sangat sensitive, oleh sebab itu sahabat harus menghindari beberapa makanan  seperti makanan yang terlalu manis, terlalu panas, terlalu dingin, dan makanan yang terlalu pekat, karena makanan ini dapat menyababkan rasa nyeri, dikarenakan makanan tersebut akan mengenahi serabut-serabut syaraf pada gigi dan menimulkan rasa nyeri.

3. Cabutlah gigi

Gigi berlubang yang cukup parah yang sudah tidak bisa diselamatkan, cabut gigi merupakan tindakkan yang tepat, dari pada akan menimbulkan rasa sakit terus menerus dan akan menginfeksi gigi yang lainnya sebaiknya tindakkan yang paling tepat adalah mencebut gigi.

Baca juga:Daftar Makanan Penyebab Masalah Gigi Berlubang

4. Konsultasikan dengan dokter gigi

Konsultasikan masalah gigi berlubang sahabat dengan ahlinya merupakan tindakkan yang tepat, agar sahabat tahu tindakkan-tindakkan bagaimana caranya menangani masalah gigi, dan tahu masalah gigi sahabat. Lakukan dengan rutin konsultasi dengan dokter gigi 6 bulan sekali untuk mengetahui perkembangan kesehatan gigi sahabat.

Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Solusi Jitu Untuk Masalah Gigi Berlubang - posted by Trias Enik , published at 16.07, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya