Tips Jitu Mengontrol Kadar Kolestrol Agar Tetap Normal

by Tri Enik Pujiati , at 19.19 , have 0 komentar
Tips Menjaga Kolestrol, Gimana perasaan sahabat saat kadar kolestrol sahabat dinyatakan tinggi?, artinya dalam tubuh sahabat telah beresiko terhadap penyakit kadiovaskuler .

Untuk menjaga agar kadar kolestrol sahabat tetap normal yang bisa lakukan di antaranya adalah diet rendah lemak, rajin berolahraga, dan minum obat penurun kolestrol, selain itu menjaga pola makan secara seimbang juga sangat dianjurkan, terdiri dari 3 golongan bahan makanan yakni karbohidrat, protein, dan bahan-bahan lain sebagai zat pengatur dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

kadar kolestrol
Setiap orang berbeda-beda dalam kebutuhan kadar kolestrol dalam tubuh masing-masing.

Semakin gemuk seseorang, maka semakin besar pula jumlah kalori yang dibutuhkan, diperkirakan orang yang sangat gemuk maka semakin besar pula jumlah kalori yang dibutuhkan 1500 kalori/hari, dan bila agak gemuk tubuh seseorang maka kebutuhan kadar kolestrolnya sekitar 1700 kalori/hari, sedangkan pada berat badan normal kalori yang dibutuhkan yaitu 2000 kalori/hari.

Dalam mengatur diet yang sehat untuk kesehatan jantung menurut konsesus penggolongan dislipidema di Indonesia, komposisi makanan bagi orang dengan kedar kolestrol dalam darah yang tinggi adalah sebaga berikut :

                                    diet tahap 1    diet tahap 2

Kabohidrat(% kalori) 50-60 50-60

Protein (% kalori) 15-20 15-20

Lemak (% kalori) < 30 <30

Kolestrol (% kalori) <300 <200

Lemak jenuh (% kalori) <10 <10

Diet Untuk kesehataan Jantung

Amerika Heart association (AHA) mempublikasikan panduan diet untuk kesehatan jantung secara umum. Panduan AHA in hampir sama dengan panduan yang dibuat Nation Cholestrol Education Panel (NCEP) Amerika Serikat

Tips menjaga Kadar Kolestrol
kolestrol

Berikut panduan diet yang direkomendasikan AHA:

1. Makanlah makanan yang jumlah kalorinya rendah untuk mejaga berat badan tetap normal, apabila anda tengah diet program penurun badan sebaiknya kalori yang masuk lebih sedikit dari pada yang dibakar.

2. Makan makanlah paling sedikit lima buah jenis dan sayuran, sayuran yang hijau dan gelap, orange dan kuning adalah sayuran yang terbaik.

3. Makanlah makanan yang banyak mengandung serat, misalnya sereal.

4. Batasi makanan  yang mengandung lemak jenuh dan kolestrol, lemak jenuh tidak lebih dar 10% dari total kalori sedangkan asupan kolestrol harian tidak lebih dari 300 mg.

5. Batasi asupan sodium sehingga kurang dari 2.300 mg perhari.

6. Batasi alkohol atau hindari sama sekali.

AHA (Amerika Heatr Association) juga merekomendasikan panduan untuk orang dengan kondisi tertentu, diantaranya :

1. Orang Tua seiring meningkatnya usia kebutuhan kalori juga menurun, pada usia lanjut berhati-hatilah dalam memilih makanan, makan makanlah yang kadar kalorinya rendah.

2. Anak-anak obesitas meningkat dengan cepat pada anak-anak, obesitas pada anak dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes oleh karena itu para mama harus waspada dalam memberikan asupan makanan dan kalori pada si buah hati.

3. Penderita Diabetes pada penderita diabetes memiki resiko terhadap penyakit arteri koroner dan masalah jantung lainnya. Pada penderita diabetes harus mematuhi panduaan diet untuk orang dengan kadar LDL atau trigliresida tinggi dan HDL rendah, yakni tidak lebih dari 200 mg per hari untuk kolestrol dan kurang dari 7 kalori.

Baca juga artikel:7 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

4. Penderita diabetes juga harus memperbanyak serat dalam dietnya.

5. Penderita Gagal Jantung pembatasan sodium amatlah penting untuk penderita  gagal jantung. Rekomendasi lain adalah mengurangi air bila penyakitnya sudah berat dan menurunkan berat badan bila keluhan sudah terjadi kesusahan dalam bernafas.

6. Penderita penyakit ginjal penyakit kardiovaskuler dapat menyerang orang yang sudah mengalami gangguan fungs ginjal, diet yang dianjurkan terhadap gagal ginjal adalah rendah protein dan garam, tetapi tinggi kalori. Apabila penderita gagal ginjal telah mengalami cuci darah secara rutin diet yang disarankan adalah protein tinggi dan rendah kolestrol.

Demikianlah tips untuk diet kolestrol, terimakasih telah membaca artikel “Tips Menjaga Kolestrol”, semoga bermanfaat dsn sehat selalu untuk para Sahabat.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Tips Jitu Mengontrol Kadar Kolestrol Agar Tetap Normal - posted by Trias Enik , published at 19.19, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya