Daftar Sayuran Untuk Penderita Diabetes

by Tri Enik Pujiati , at 03.04 , have 0 komentar
Sayur untuk diabetes, telah dijelaskan pada pertemuaan sebelumnya bahwa penderita diabetes memerlukan pola makan yang sangat ketat untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tetap normal, dan sayur kita semua tahu bahwa memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.


sayur untuk diabetes

Kandungan-kandungan yang terdapat dalam sayur salah satunya ialah kaya akan serat, serat inilah yang befungsi sebagai penyetabil kadar gula dalam darah.

Dan pada pertemuan kali ini Eni akan berbagi informasi tentang beberapa sayuran yang sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes, diantaranya ialah:

Sayuran Untuk Diabetes Melitus


1. Bayam

Tentu sayuran bayam ini sangat familiar dikalangan masyarakat, dan sayuran bayam ini sangat berkhasiat untuk masalah diabetes, kandungan serat yang terdapat dalam bayam dalam menyetabilkan kadar gula dalam darah, dengan kadar gula yang stabil maka resiko komplikasi lebih lanjut akan lebih rendah.

Selain kaya akan serat sayur bayam juga kaya akan zat besi, zat besi ini diperlukan oleh tubuh untuk mencegah terjadinya anemia, dan jika penderita diabetes terkenan anemia akan mengakibatkan ketidak lancaran dalam beraktivitas, penderita diabetes harus selalu aktif dalam beraktifitas agar peredaraan dalam darah lancar.

2. Tomat

Komplikasi lebih lanjut dari diabetes adalah masalah kardiofaskuler, jangan biarkan serangan kardiofaskuler juga menyerang sahabat ketika terjadi serangan diabetes, gunakanlah tomat untuk mencegah masalah ini, menurut penelitian bahwa dengan mengkonsumsi 200 gram tomat menurunkan terjadinya masalah kardifaskuler yang berkaitan erat dengan masalah diabetes.

Tomat juga tidak memiliki kandungan zat tepung dan tidak memiliki kandungan kadar gula yang tinggi dengan rutin mengkonsumsi tomat setiap hari dapat merendahkan terjadinya gangguan kardiofaskuler dan juga menurunkan tekanan darah tinggi.

sayuran untuk diabetes


3. Selada

Selada ini banyak sekali mengandung besi, mangan, dan folat yang dapat membantu akan memperkuat sistem kerja kekebalan tubuh serta, serta dapat mengatur kadar gula dalam darah pada penderita diabetes, kadar gula dalam sayuran selada ini adalah 0,8 gram gula.
sayur untuk diabetes

4. Wotel

Penderita diabetes akan mengalami komplikasi lebih lanjut menyerang akan sisitem pengelihatan, dengan mengkonsumsi secara rutin sayuran wortel maka komplikasi lebih lanjut akan lebih rendah terjadi.

Sayuran wortel memiliki kandungan beta-carotene yang sangat tinggi, beta caritene ini sangat penting untuk menjaga akan kesehatan mata.

Baca juga mengenahi:10 Daftar Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita Diabetes

5. Brokoli

Sayur brokoli ini juga sangat kaya akan serat yang sangat dianjurkan untuk selalu menyajikan sayuran ini dalam daftar menu makanan harian sahabat, serat ini akan berfungsi dalam menyetabilkan kadar gula dalam darah.

selain itu serat juga dapat berfungsi sebagai pembakar lemak yang dapat mengurangi akan resiko terjadinya sensitifitas tubuh terhadap insulin.

Brokoli juga mengandung akan klorofil dan zat hijau lainnya yang dapat memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dalam melawan radikal bebas.

6. Kacang-kacangan

Kita mungkin belum tahu bahwa kacang-kacangan juga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena kacang-kacangan ini memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi yang dapat menyetailkan kadar gula dalam darah tetap dalam keadaan normal.

Kita lebih sering mencukupi kebutuhan protein dengan menggunakan protein hewani tapi ingat bahwa kacang-kacangan juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi pula.

Dan para penderita juga harus memperhatikan tentang makanannya, penderita diabetes sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, karena dengan karbohidrat yang tinggi juga dapat mengakbatkan kadar gula dalam darah juga melonjak tinggi.

Salah satu makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi adalah jagung, dan sebaiknya sahabta gunakan kacang-kacangan yang memiliki kandungan karbohidrat rendah dan sangat cocok untuk menjadi menu makanan sahabat penderita diabetes.


Demikianlah artikel mengenahi sayur bagi penderita diabetes, penderita diabetes dapat memanfaatkan sayuran yang tersebar luas pada lingkungan kita dalam menjaga pola makan agar terhindar diabetes

Dan dapat menyetabilkan kadar gula dalam darah, dan semoga artikel ini bermanfaat dan semoga artikel ini dapat sahabat gunakan sebagai referensi dam menjaga pola makan sahabat dalam mencegah terjadinya diabetes, terimakasih telah membaca. SEHAT selalu untuk para sahabat ENI.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Daftar Sayuran Untuk Penderita Diabetes - posted by Trias Enik , published at 03.04, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya