Manfaat Daun Salam Untuk Mengatasi Diabetes Militus

by Tri Enik Pujiati , at 15.57 , have 0 komentar
Daun salam untuk diabetes, diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kadar gula dalam darah, dikarenakan tubuh tidak mampu dalam melepaskan atau menggunakan insulin secara adekuat, kadar gula dalam darah akan cenderung meningkat secara ringan setelah berusia 50 tahun keatas, terutama pada orang yang malas untuk beraktivitas, penyakit diabetes ini disebabkan oleh beberapa factor, yaitu:

1. Factor genetic

Diabetes cenderung diturunkan atau diwariskan, bulahlah ditularkan, anggota keluarga yang memiliki penyakit diabetes maka keturunnya akan mewarisi penyakit diabetes.

2. Factor imunologi

Adanya respon abonormal dimana antibody terada pada jaringan normal pada tubuh dengan cara bereaksi terhadap jaringan tersebut yang dianggapnya seolah jaringan asing.

3. Factor lingkungan

Factor lingkungan juga sangat mempengaruhi akan penyebab terjadinya diabetes, dengan melakukan pola makan yang tidak sehat dapat memicu terajinya diabetes, banyak makan akanan yang banyak mengandung lemak, gula, kalori yang tinggi.

daun salam untuk diabetes

Dengan mengatur pola hidup yang jelek serta kurangnya aktivitas dapat menjadi factor penyebab seseorang terkenan diabetes.

Mencermati akan beberapa penyebab dari diabetes diatas, untuk itu sangat penting bagi kita dalam mengatur asupan makanan yang kita konsumsi dalam setiap harinya, untuk mencegah terjadinya diabetes.

Ada banyak sekali obat-obatan yang dijual diapotik untuk mengobati diabetes ini, akan tetapi daun salam yang kita kenal sebagai pelengkap bumbu dapur ternyata memiliki manfaat obat bagi diabetes, penelitian telah melakukan uji coba pada hewan mencit dan hasinya kadar gula dalam mencit mengalami penurunan.

Daun salam ini berdaun tunggal dan memiliki bentuk daun lonjong, elips atau bundar telur sungsang, panjang tangkainya 0,5-1 cm, ujung daunnya meruncing, panjang daun 5-15 cm, lebar 3-8 cm, pertulangan daun menyrip, permukaan atas daun licin dan berwarna hijau tua, dan permukaan bawah daun hijau muda, daun salam ini memiliki bau yang sedap ketika diremas sehingga sangat cocok untuk pelengkap bumbu masak, dan buah dari salam ini berbentuk bulat dan berwarna merah jika sudah tua.

Manfaat Daun Salam Untuk Diabetes


Kandungan-kandungan yang terdapat dalam daun salam adalah:

Didalam daun salam memiliki kandungan senyawa penting seperti, minyak atsiri sebanyak 0,05%, tannin, flavonoid, eugenol. Golongan flavonoid inilah yang bertugas sebagai penurun kadar gula dalam darah. senyawa ini berbentuk glikosida, ada dalam bentuk gugusan-gugusan gula dan mampu menangkal radikal hidroksil yang kerjanya sama seperti amygdalin.

Dan oleh sebab itu daun salam ini dapat bersifat diabetogenik atau penurun kadar gula dalam darah yang paling baik. Daun salam berkhasiat sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti jamur, dan anti bakteri. Sifat antioksidan yang terdapat daun salam dapat membantu mengatasi masalah penyakit diabetes.

Dengan antioksidan yang cukup dalam tubuh maka tubuh dapat memproses hormon insulin dalam tubuh agar tetap normal.

Baca juga:Daftar Sayuran Untuk Penderita Diabetes

Cara membuat akan ramuan dari daun salam untuk mengobati penyakit diabetes:

1. Siapkan terlebih dahulu daun salam kering, sebanyak 5 sampai 7 lembar.

2. Cuci bersih daun salam.

3. Rebus daun salam dengan mengunakan 3 gelas air putih

4. Tunggu hingga mendididh dan air rebusan tersisa kira-kira 1 gelas

5. Siap diminum

6. Minumlah ramuan rebusan daaun salam in 2 kali dalam sehari sebelum makan.

Demikianlah artikel seputar mengenahi daun salam untuk diabetes, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga artikel ini dapat sahabat gunakan referensi dalam mengatur pola hidup yang sehat dalam mencegah akan terjadinya diabetes, karena kita semua tahu bahwa mencegah lebih baik ketimbang mengobati, dan terimaksih telah mebaca artikel ini.

Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Manfaat Daun Salam Untuk Mengatasi Diabetes Militus - posted by Trias Enik , published at 15.57, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya