Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Secara Tepat

by Tri Enik Pujiati , at 16.14 , have 0 komentar
Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, mulut adalah gerbang pertama kali makanan masuk, didalam mulut terdapat gigi, dan fungsi gigi itu sendiri adalah sebagai pelembut makanan agar nanti mempermudahkan proses sistem kerja pencernaan.

Selain itu memiliki gigi yang sehat kuat dan putih adalah impian bagi setiap orang karena dengan memiliki gigi yang sehat kuat dan juga putih akan menunjang penampilan pada diri kita, untuk itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena dengan kita malas untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut akan terjadi masalah kesehatan gigi dan mulut.

cara menjaga kesehatan gigi dan mulut


Beberapa masalah kesehatan gigi dan mult ialah bau nafas, gigi berlubang, karang gigi, sariawan. Semua masalah tersebut terjadi dikarenakan ketidak pedulian kita dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut kita.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi


Nah pada pertemuan kali ini Eni akan berbagai info mengenahi cara menjaga kesehatan gigi dan mulut agar tetap sehat, diantaranya ialah dengan melakukan tindakan-tindakan berikut:

1. Sikat gigi

Sikat gigi bertujuan untuk membersihkan akan sisa-sisa makanan yang melekat pada sela-sela permukaan gigi, rutinlah melakukan sikat gigi 2 kali dalam sehari, sehabis sarapan dan sebelum menjelang tidur.

Lakukan sikat gigi dengan gerakkan yang baik dan juga benar, gerakanlah sikat gigi secara perlahan-lahan pada permukaan gigi sahabat dengan gerakkan naik turun, lakukan gerakan ini dengan perlahan-lahan untuk menghindari lecet pada daerah gusi. Jangan lupa juga menggosok pada bagian kanan dan juga kir permukaan gigi, lakukan gerakkan yang sama  yaitu dengan gerakan naik turun dan apabila sahabat terasa kesusahan dengan gerakan ini lakukanlah gerakan bulat-bulat, dan lakukan juga sikat pada gigi geraham yang biasanya digunakan mengunyah makanan untuk membuang sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. 

Gantilah sikat gigi sahabat 3 bulan sekali karena sikat gigi yang terlalu lama akan dijadikan sarang kuman-kuman, dan bayangkanlah bahwa kuman-kuman yang bersarang pada sikat gigi sahabat masuk dalam mulut sahabat.

2. Hindarilah berbagai macam makanan tertentu

Hindari makanan yang terlalu manis, terlalu panas, terlalu dingin dan juga lengket karena makanan tersebut begitu ekstrim bagi kesehatan gigi sahabat. 

Makanan yang manis dan juga lengket akan mengundang akan bakteri, bakteri sangat suka sekali dengan makanan yang manis dan selanjutnya bakteri akan mengubah permukaan gigi menjad asam, yang seharusnya permukaan gigi basa, karena permukaan gigi asam maka gigi beresiko terjadinya gigi berlubang.

Baca juga:Cara Perawatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

3. Berkumurlah sehabis makan

Berkumur sehabis makan sangatlah dianjurkan, dikarenakan hal ini dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang melekat pada gigi sahabat.

4. Jangan minum kopi, alcohol dan juga soda

Efek kopi akan membuat gigi menjadi kuning dan lama-kelamaan akan mengakbatkan masalah kesehatan pada gigi, dan alcohol dan soda ini dapat menjadikan permukaan mulut menjadi kering ni juga dapat mempengaruhi kesehatan pada gigi dan mulut.

5. Konsumsilah makanan yang mengandung kalsium

Makanan yang banyak mengandung akan kalsium bertugas untuk menjaga kesehatan gigi, agar gigi menjadi kuat

Sahabat bisa mendapatkan bahan makanan yang mengandung akan kalsium tinggi yang terdapat pada buah alpukat, buah kurma, buah markisa, buah jambu merah, buah srikaya, buah pir, buah papaya, buah kiwi dan buah semangka.

Demikianlah seputar artikel tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa sahabat gunakan sebagai ilmu referensi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Secara Tepat - posted by Trias Enik , published at 16.14, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya