Memahami Berbagai Penyakit Tulang Punggung

by Tri Enik Pujiati , at 16.22 , have 0 komentar
Penyakit tulang punggung, penyakit tulang ini terjadi dari beberapa penyebab seperti disebabkan oleh aktivitas harian yang kita kerjakan seperti mengendong, membungkuk yang terlalu lama, salah dalam posisi duduk, efek dari mengangkat beban yang berat dan yang lainnya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tulang punggung.

Nyeri punggung ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, biasanya nyeri punggung akan hilang dalam waktu 2-12 minggu.

penyakit tulang punggung

Penyakit Kelainan Tulang Belakang


1. Kifosis, gejala kifosis adalah keadaan tulang dimana tulang belakang melengkung kebelakang atau bungkuk, penyebab dari kelainan kifosis ini adalah akibat dari masalah perkembangan, penyakit degeratif seperti radang pada tulang belakang, ostioporosis, fraktur tulang belakang, beberapa kasus kifosis yang parah dapat mengganggu akan kerja paru-paru, saraf dan organ yang lainnya. Adapun gejala-gejala yang diakibatkan oleh kifosis adalah:

1. Rasa nyeri pada tulang belakang,

2. Rasa nyeri bila ditekan pada kekakuan tulang yang melengkung,

3. Tulang belakang akan terlihat melengkung kedepan atau bungkuk

4. Akan terasa kelelahan.

Dan cara penanganan pada penyakit tulang ini adalah:

1. Apabila kifosi masih non progresif atau ringan dilakukan penurunan akan berat badan supaya tidak memberikan beban yang terlalu berat pada tulang belakang.

2. Dan pada kifosis yang lebih berat, diberikan penanganan memberikan penyangnga (brace) pada tulang belakang agar lurus, atau penderita disarankan untuk tidur dialas yang kaku atau keras.

3. Dan pada kasus yang lebih buruk lagi, penanganan yang paling tepat adalah melakukan oprasi untuk memperbaiki susunan tulang belakang.

Baca juga:Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Asam Urat

2. Scoliosis, kelainan tulang scoliosis ini adalah kelengkungan yang tidak normal, dimana tulang belakang melengkung kearah samping, atau tulang berbentuk seperti huruf s. dan penyebab dari scoliosis ini adalah:

Bawaan (kongenetal), suatu kelainan dalam pembentukan tulang belakang atau tulang rusuk yang menyatu.

Neuromuskuler, terjadinya kelemahan pada otot yang dapat mengakibatkan kelumpuhan dakibatkan oleh:

1. Cerebral palsy

2. Distrofi otot

3. Polio

4. Osteoporosis junenil

5. Idiopatik, atau penyebab yang belum diketahui.

Gelaja-gejala yang disebabkan oleh kelainan skoliosisi adalah:

1. Kelengkungan pada tulang belakang yang kearah samping atau membentuk huruf s

2. Rasa nyeri yang terjadi pada punggung

3. Bahu dan juga pinggang tidak sama tingginya.

4. Terjadi kelelahan yang terjadi apabila setelah duduk atau berdiri yang terlalu lama.

5. Dengan khasus yang parah scoliosis dapat mengganggu akan sistem kerja pernafasan.

Pengobatan scoliosis:

1. Untuk pengobatan ini tergantung akan penyebab dan derajat dan juga lokasi kelengkungan tulang belakang, pada anak-anak karena masih dalam masa pertumbuhan biasanya penanganan yang diberkan adalah mengunakan penyangga.

2.  Dan kasus yang lebih parah tindakkan yang lebh akurat adalah melakukan operasi untuk memetulkan susunan tulang belakang.

3. Lordorsis, kelainan atau penyakit tulang selanjutnya ialah lordorsi, lordorsis ini adalah dimanan tulang belakang melengkung kebelakang, perempuan ketika mengandung mengalami lordorsis.

Gejala dari lordorsis ini adalah:

1. Penonjolan yang terjadi pada bokong

2. Terjadinya nyeri pinggang

3. Nyeri yang menjalar sampai ke tungkai

4. Terjadinya perubahan pola buang air besar serta kecil.

Penanganan yang harus dilakukan pada kasus lordosis adalah:

1. Latihan dalam memperbaiki sikap tubuh untuk menjadikan keadaan agar tidak menjadi lebih buruk.

Dan beberapa tips agar sakit punngung hilang:

1. Istirahat, istirahatkan tulang punggung sahabat, tetapi yang dipermasalahkan ialah akan terasa sakit apabila punggung dibuat berbaring, aturlah posisi tidur dengan posisi miring, peluklah bantal, taruh bantal diantara lutut untuk menjaga tulang belakang.

2. Lakuakn terapi pijat untuk penyakit punggung, sebuah penelitan menemukan bawa pijat dapat meringankan nyeri pada punggung, dengan melakukan pijat ini akan menghilangkan rasa nyeri pada punggung dan meningkatkan akan fungsional penderita sakit punggung yang kronis.

3. Berikan kompres dingin atau panas untuk menghilangkan rasa nyeri pada punggung, lakukanlah cara ini selama 10 menit setiap harinya, dan cobalah melakukan terapi mandi dengan air panas  untuk membantu relaksasi.

Demikianlah artikel tentang penyakit tulang punggu, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat. Terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Memahami Berbagai Penyakit Tulang Punggung - posted by Trias Enik , published at 16.22, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya