Prosedur Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Benar

by Tri Enik Pujiati , at 02.47 , have 0 komentar
Prosedur memandikan bayi baru lahir, kebersihan badan bayi memang sangatlah penting dan harus diwaspadai karena bayi masih rentang terhadap berbagai macam penyakit-penyakit yang menyerang dikarenakan kekebalan pada bayi masihlah lemah.

Salah satu untuk menjaga agar bayi selalu tampak bersih ialah dengan cara memandikan, memandikan ialah kegitan yang penting untuk tujuan membersihkan badan bayi, memandikan pada bayi sangatlah penting dan dianjurkan untuk selalu berhati-hati dalam proses memandikan ini terutama pada minggu-minggu pertama saat tali pusat bayi belumlah lepas.

Kehati-hatian sangat dianjurkan dalam memandikan bayi karena berbeda dengan orang dewasa, bayi masih memiliki kulit yang sangat rentang dan juga sensitif, pada dasarnya dokter menyarankan untuk memandikan bayi hanya menggunakan waslap diusia tersebut dengan diguyur didalam bak mandi, bayi hanya cukup dimandikan dengan cara memakai waslap saja.

prosedur memandikan bayi baru lahir

Tetapi untuk para mama yang belum percaya dan masih ragu dalam kebersihannya, mama bisa mengikuti prosedur-prosedur memandikan bayi sebagai berikut:

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar


    prosedur memandikan bayi baru lahir
1. Siapkan terlebih dahulu peralatan-peralatannya dari mulai shampo, sabun, waslap, handuk bayi, dan baju ganti bayi yang telah disiapkan dan jangan lupa air hangat dalam bak mandi, air hangat 36-370C.

Jangan memasukkan bayi kedalam bak terlebih dahulu sebelum mama belum mengecek temperatur suhu air apa terlalu panas ataukah terlalu dingin.

Caranya celupkan siku mama kedalam air, apabila terlalu panas tambahkan sedikit air, dan angan memandikan bayi dengan menggunakan air dingin dikarenakan dapat menjadaikan kulit bayi menjadi kering, suhu dingin tidak baik untuk kesehatan bayi.

2. Bentangkan handuk dimeja untuk membungkus bayi saat selesai mandi.

3. Dan siapkan pula baju ganti bayi caranya, bentangkan bedong menjadi segitiga, diatasnya taruhlah baju bayi, dan ditas baju taruhlah popok bayi.

4. Bukalah baju bayi secara perlahan-lahan, dan baringkanlah badan bayi pada bak mandi.

5. Basuh semua permukaan tubuh bayi mulai dari kepala, wajah, leher, dada, punggun, tungkai  dan lengan bayi dengan menggunakan waslap yang telah dibasahi air hangat.

6. Bersihkan bayi mulai dari kelopak mata bagian atas usap lembut dengan menggunakan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat dan diperas.

7. Selanjutnya sabuni kepala dengan menggunakan shampo khusus bayi dan usap dengan lembut menggunakan waslap, dan bilas agar sabun hilang, letakkan tangan dibawah pundah bayi, dan kepallah ketiak bayi itu dapat menjadikan bayi tidak mudah tergelincir saat memandikan.

8. Arahkan waslap pada bagian telingga, usaplah telingga luar dan telinga dalam, selanjutnya arahkan ke lipatan-lipatan leher bayi. Bilas dengan air supaya sabun hilang.

9. Sambunilah bagian badan bayi gunakanlah sabun mandi bayi dengan formal Ph balance agar tidak pedih jika terkena mata bayi. Bilas dengan air supaya sabun hilang.

10. Jangan lupa bersihkan pula anus dan juga kelaminnya, jika kelamin perempuan caranya dari depan kebelakang. Dan untuk laki-laki bersihkan pagian penis bayi, dan bagian bawah buah zakarnya.

11. Selanjutnya segera kepal badan bayi menggunakan handuk sepaya tidak dingin.

 Baca juga artikel tentang:Suhu Kamar Ideal Untuk Bayi Baru Lahir

12. Setelah kering pakaikan baju bayi dan popok, ingat para mama agar menggunakan popok jika masih ada tali pusat diikat dibawah tali pusat supaya popok tidak menekan daerah tali pusat bayi.

13. Selanjutnya tariklah bedong bagian sisi kanan kebawah pundak kiri bayi, dan ujung bawah bedong tarik keatas, dan terakir tarik bedong sisi kiri lilitkan ketubuh bayi, jangan di ikat bedongan karena akan memberikan tekanan yang tidak baik pada tubuh bayi.

Demikianlah seputar mengenahi prosedur-prosedir memandkan bayi, semoga artikel ini bermanfaat untuk para mama dalam melakukan memandikan bayi, terimakasih telah membaca.


Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Prosedur Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Benar - posted by Trias Enik , published at 02.47, categorized as dunia baby . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya