Cara Merawat Bayi Dengan Benar Untuk Ibu Baru

by Tri Enik Pujiati , at 02.27 , have 0 komentar
Cara merawat bayi dengan benar, saat bayi lahir merupakan momen yang menjadikan kebahagiaan bagi setiap pasangan, bayi lahir memang perlu perawatan yang ekstra karena bayi belum bisa melakukan semua itu hehehe.

Bagi ibu baru memang masih kaku dalam melakukan perawatan bayi mungkin karena takut, kurang percaya diri. Supaya ibu baru memahami perawatan yang dibutuhkan oleh bayi, ibu bisa membaca Keperluan-keperluan bayi meliputi:

cara merawat bayi dengan benar

Cara Merawat Bayi Dengan Baik Dan Benar 


1. ASI, air susu ibu memang sangatlah penting yang dibutuhkan oleh bayi, dikarenakan ASI merupakan asupan nutrisi yang paling baik untuk bayi, ASI ini merupakan anugrah tuhan yang sangat baik bagi kesehatan bayi dan sangat steril. 

Pada bayi akan sering menangis karena bayi mudah sekali lapar, maka untuk menghentikan tangisan bayi dan yang mudah serta praktis ibu bisa memberikan ASI dengan segera, saat didalam kandungan bayi memperoleh asupan nutrisi dari plasenta. Dan saat bayi lahir bayi memerlukan ASI untuk memenuhi nutrisinya, oleh sebab itu berikanlah ASI pada buah hati para ibu.

Baca juga artikel tentang:

2. Popok, mengganti popok bayi ini memang merupakan salah satu keperluan bayi, bayi setiap BAB atau Bak ini perlu segera diganti popoknya untuk menghindari kondisi basah, mencegah iritasi ataupun tidak kotor dan tidak ditumbuhi jamur dengan cepat.

Biasanya bayi akan merasa risi saat bayi setelah pipis atau BAB dan akan menangis. Pada saat bayi BAK dan juga BAB ini merupakan kondisi yang sangat normal karena sebagai tanda bahwa bayi telah mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Bila warna pipis bayi berwarna kuning ini bertanda bahwa bayi mengalami kekurangan cairan, tekstur pada bayi yang diberikan ASI fesesnya akan lunak dan tidak berbau tajam, dan perlu dingat untuk para ibu agar selalu 
perhatikan daerah kelamin bayi dan jangan lupa untuk selalu membersihkan daerah tersebut.

3. Perawatan mata bayi baru lahir, bayi memang sering menangis itu mengakibatkan produksi air mata yang berlebih dan jika tidak dibersihkan mata akan banyak beleknya oleh sebab itu perlu dibersihkan setiap saat membersihkan mata bayi.

4. Memandikan, untuk menjga badan bayi agar selalu bersih bayi perlu dimandikan, tetapi untuk ibu baru hal memandikan adalah hal yang sangat sulit, karena perlu kehati-hatian yang ekstra terutama pada minggu-minggu pertama saat tali pusat bayi belum lepas.

5. Perawatan kulit, bayi memang memiliki kulit yang mudah iritasi. Diasanya timbul kemerah-merahan pada kulit bayi, sebaiknya jangan menggunakan bedak dulu pada bayi karena biasanya kulit bayi tidak cocok dengan produk bedak tersebut.

6. Pergunakan pakaian yang sesuai, cara merawat bayi selanjutnya ialah tentang pakaian, gunakanlah pakaian yang sesuai untuk bayi, selalu cek daerah bawah leher bayi apabila daerah tersebut lembab berarti bayi mengalami kekerahan. Bila hal tersebut segeralah ganti baju bayi dengan bahan yang tipis seperti dari bahan katun, yang dapat menyerap keringat, gampang dicucui dan juga strika. 

Apabila hendak berpergian pakaikanlah bayi kaos kaki, topi, sepatu, untuk mencegah bayi masuk angin.


cara merawat bayi dengan benar
7. Gunakan kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit, banyak sekali produk-produk perawatan bayi yang tersebar dipasaran.

Pilihlah produk yang telah teruji klinis atau CMP (Clinicak Proven Mild) dan sesuai pada kondisi kulit bayi untuk mencegah terjadinya iritasi. Apabila terjadi iritasi bercak-bercak merah didaerah kulit bayi segera hentikan pemakaian.

8. Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk bayi, perawatan selanjutnya ialah lingkungan, ciptakanlah lingkungan yang tenang dan tidak ramai jangan terlalu panas dan juga terlalu dingin untuk bayi.

Jangan gunakan obat nyamuk bakar yang dapat dihirup dalam pernafasan bayi karena hal tersebut tidak bagus, dan untuk mengatas terangan nyamuk sebaiknya gunakanlah kelambu untuk mengatasi masalah ini.

9. Mengenali penyakit yang sering dialami bayi, bayi memang sangatlah rentang, mudah sekali terserang penyakit. 

Ibu harus selalu waspada dan merawat bayi ketika bayi sakit, demam setelah bayi mendapatkan imunisasi biasanya sering menyerang bayi, ruam popok, hidung tersumbat, lidah berjamur, infeksi pada mata, ibu harus cermat dan ketahui penyebab dari penyakit ini dan cara mengatasi serangan ini dengan cepat.

Demikianlah beberapa ulasan mengerai merawat bayi, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para ibu, dan terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Merawat Bayi Dengan Benar Untuk Ibu Baru - posted by Trias Enik , published at 02.27, categorized as dunia baby . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya