Suhu Kamar Ideal Untuk Bayi Baru Lahir

by Tri Enik Pujiati , at 03.51 , have 0 komentar
Suhu ruangan untuk bayi, penantian panjang yang dirasakan oleh para mama yang menggandung selama 9 bulan, dan akhirnya bayi lahir juga akan memberikan rasa kebahagian yang luar biasa yang dirasakan para mama dan juga keluarga, saat bayi lahir dokter akan segara memeriksa jumlah apgar score.

suhu ruangan untuk bayiApgar score adalah metode penilaian bayi baru lahir untuk mengkaji kesehatan bayi dalam menit petama setelah kelahiran sampai 5 menit, nilai apgar score merupakan standart evaluasi bayi dan dapat dijadikan sebagai data dasar untuk evaluasi dikemudian hari.

Appearance (warna kulit): Nilai 0 :seluruh permukaan kulit bayi berwarna biru dan juga pucat, Nilai 1: seluruh warna kulit berwarna normal yaitu merah muda, tetapi bagian kepala dan ekstremitas kebiruan, nilai 2:warna kult tubuh, tangan dan juga kaki normal merah muda dan tidak mengalami sianosis.

Pulse (denyut jantung):Nilai 0:tidak teraba, Nilai 1:< 100 ksl per menit, Nilai 2:> 100 kali per menit.
Grimace (respons reflek): Nilai 0:tidak ada respons terhadap stimulasi, Nilai 1:menangis atau merintih lemah ketika distimulasi, Nilai 2: meringis atau bersin dan batuk saat stimulasi saluran pernafasan.

Activity (tonus otot):Nilai 1: lemah atau tidak ada, Nilai 2:sedikit ada gerakan, Nilai 3:bergerak aktif.
Respiration (pernafasan):Nilai 1:tidak ada, Nilai 2:lemah, tidak teratur, Nilai 3:menangis kuat, pernafasan baik dan teratur.

Baca juga tentang:Cara Merawat Bayi Dengan Benar Untuk Ibu Baru

Setelah itu bayi akan segera di pakaikan selimut untuk menjaga kehangatan tubuh bayi, dan langsung ditaruh didada mama untuk bayi dapat dilakukannya inisiasi menyusui dini (IMD), karena air susu yang pertama kali keluar saat melahirkan berfungsi sangat bagus untuk bayi, yaitu air susu kolostrum. Air susu kolostrum ini berwarna kekuningan dan juga kental, cairan ini berfungsi sebagai:

1. Antibodo, berfungsi untuk kekebalan pada bayi baru lahir terhadap serangan virus-virus, virus merupakan organisme kecil yang berkembang baik dalam sel dan juga bakteri.

2. Mencegah terjadainya infeksi. Infeksi merupakan berkembangnya agen infeksi.
Sel darah putih yang terkandung dalam kolostrum sangat baik untuk bayi terjangkit nfeksi.

3. Laksatif atau pencahar dalam membersihkan mikonium, mikonium adalah BB bayi baru lair yang berwarna hitam.

4. Kolostrum juga mengandung vitamin A yang dapat berfungsi untuk pencegahan terhadap berbagai infeksi.

Suhu Kamar Bayi Baru Lahir


suhu ruangan untuk bayi

Dan selanjutnya bayi akan segera ditimbang berat badan normal bayi (2.500-4.000) dan diukur panjang badan,  panjang badan bayi normal (48-52 cm), detak jantung bayi memang lebih cepat dari pada detak jantung orang dewasa yaitu sekitar (120-160 x/menit), dan juga pernafasannya juga lebih cepat yaitu (40-60x/menit).

Injeksi pertama kali yang diberikan pada saat bayi lahir yaitu vitamin K pada paha bayi yang berfungsi untuk mencegah terjadinya gangguan pendarahan karena bayi belum bisa memproduksi sendiri.

Dan harus diketahui pula bayi mudah sekali rentan terhadap suhu ruang terlalu panas tidak baik dan terlalu dingin juga tidak baik, terlalu berkeringat bayi akan menimbulkan biang pada bayi, dan terlalu dingin bayi akan mengalami hipotermi, oleh sebab itu ada rekomendasi umum pengaturan suhu ruangan yang ditetapkan untuk bayi yaitu diantara 23-250 C dengan suhu tubuh normal bayi yaitu (36,5-370 C), dan selalu pakaikan baju bayi yang dari bahan katun dan berselimut tipis akan memberikan suhu bayi yang nyaman.

Hal lain yang harus diperhatikan pula selain dengan ruangan bayi dalam perawatan bayi yaitu:

1. Janganlah menyalakan AC, ataupun kipas angin pada bayi secara langsung karena akan mengakibatkan bayi menjadi hipotermi.

2. Selalu bersihkan AC dan juga kipas angin secara rutin, dengan selalu rutin membersihkan AC dan kipas angin menghilangkan debu dan juga agar terbebas dari berbagai bakteri.

3. Selalu usahakan agar ruangan bayi selalu berada dalam sirkulasi udara yang baik.

4. Bila bayi terlalu sering dalam ruangan yang berAC akan mengakibatkan kulit bayi menjadi kering, terutama pada bayi yang memiliki kulit yang sensitif.

Inti dari perawatan bayi adalah selalu menjaga bayi dalam keadaan nyaman, sehingga bayi bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, serta tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.

Demikianlah seputar mengenahi ruangan yang aman untuk bayi, semoga artikel in bermanfaat untuk para mama dalam mengatur suhu ruangan untuk si buah hati, terimakasih telah membaca.


Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Suhu Kamar Ideal Untuk Bayi Baru Lahir - posted by Trias Enik , published at 03.51, categorized as dunia baby . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya