Cara Perawatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

by Tri Enik Pujiati , at 21.32 , have 0 komentar
Perawatan gigi pada anak, masa anak-anak kita semua tahu bahwa anak-anak lebih suka mengkonsumsi makanan yang manis, mereka suka makan coklat dan juga permen yang memiliki rasa manis dan juga lengket makanan ini merupakan factor utama penyebab kerusakan gigi pada anak.

perawatan gigi pada anak
Oleh sebab itu orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan dan perawatan gigi para buah hati.

Perawatan gigi dan juga mulut bisa orang tua ajarkan sedini mungkin untuk menanamkan rasa tanggung jawab anak terhadap menjaga kesehatan giginya.

Kegemaran anak dalam mengkonsumsi makanan manis dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan gigi dan juga mulut anak.

Mulut merupakan pintu gerbang pertama dari sistem penernaan, oleh sebab itu perawatan akan kesehatan gigi dan juga mulut sangatlah penting untuk melancarkan sisten pencernaan.

Dan andaikan perawatan kesehatan gigi dan mulut kurang diperhatikan akan menjadikan masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut seperti gigi berlubang akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti anak mengalami penurunan nafsu makan hal ini dapat mengganggu akan sistem pencernaan.

Baca juga artikel:Cara Mengajarkan Memelihara Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

Pengenalan perawatan gigi dapat orang tua ajarkan pada anak mulai anak berusia 18 bulan karena daya ingat anak sangat bagus kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan oleh orang tuannya anak dapat mempraktekan secara mandiri pada usia 2-3 tahun dan diharapkan anak dapat menjaga dan merawatkan akan kesehatan gigi dan juga mulutnya. Orang tua sangatlah berperan penting bagi tumbuh kembang anak.

Kesehatan Gigi


Berikut beberapa hal yang bisa orang tua anjarkan pada anak-anak dalam perawatan kesehatan gigi dan mulut.

perawatan gigi pada anak
1. Sikat gigi

Anak-anak memiliki rasa ingin tahuan yang sangat tinggi contohkan bagaimana cara mengosok gigi yang baik dan juga benar.

Cara menyikat gigi yang baik dan benar: gerakkan sikat gigi dari arah kebawah dan keatas untuk membuang kotoran jangan menyikat gigi kesamping hal ini akan memasukkan sisa-sisa makanan ke sela-sela gigi, dan lakukan juga gerakkan memutas secara perlahan untuk menyingkirkan plak agar bisa mengelupas.

Pilihkan sikat gigi pada anak yang kecil baik tangkainya maupun kepala sikatnya, dan memiliki bulu sikat yang halus agar tidak melukai gusi anak.

Dan anjurkan anak mempraktekan sendiri mengosok gigi, dan beri tahu anak untuk melakukan sikat gigi 2 kali dalam sehari setelah makan dan sebelum tidur.

2. Perhatikan makanan yang selalu dikonsumsi 

Yang telah Eni jelaskan diatas bahwa anak-anak memiliki hobby makan makanan yang manis beri tahu anak para sahabat bahwa makanan manis dapat merusak kesehatan gigi, makanan manis akan mengundang bateri asam dan dapat mengakibatkan gigi mejadi berluang.

Alihkan kegemaran anak untuk makan makanan sayur dan juga buah yang bagus untuk kesehatan.

3. Periksakan kesehatan gigi anak ke dokter gigi

Anak pasti akan merasa takut dan juga khawatir ketika diajar pergi ke dokter gigi.

Dengan diberi pengarahan terlebih dahulu pada anak tentang pentingnya konsultasi pada dokter gigi untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan gigi, rasa takut dan khawatir pada anak akan hilang, perikasakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi 6 bulan sekali.

Demikianlah seputar mengenahi masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak, semoga artikel ini dapat para mama gunakan sebagai referensi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut para anak mama, dan terimakasih telah membaca artikel ini.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Perawatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak - posted by Trias Enik , published at 21.32, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya