6 Perawatan Gigi Berlubang Pada Anak

by Tri Enik Pujiati , at 01.20 , have 0 komentar
perawatan gigi berlubang pada anakPerawatan gigi berlubang pada anak, gigi berlubang merupakan gigi yang rusak akibat bakteri yang terdapat pada gigi, gigi berlubang bukan hanya menyerang orang dewasa akan tetapi juga bisa menyerang anak-anak.

Gigi berlubang ini timbul karena penumpukan plak dan juga bakteri yang berada dalam permukaan gigi.

Apalagi pada anak-anak lebih suka mengkonsumsi makanan yang manis dan lengket seperti halnya permen dan coklat makanan tersebut bisa jadi pemicu gigi berlubang, makanan seperti ini tidak memberikan rasa kenyang pada anak-anak malah lebih banyak memberikan kerugian pada pertumbuhan si buah hati. Oleh sebab itu para mama harus selalu waspada dalam menjaga kebersihan gigi si buah hati.

Adapun tanda dan gejala dari gigi berlubang ialah:

1. Warna kehitaman pada permukaan gigi, kenali akan tanda-tanda dan juga gejala gigi berlubang pada buah hati, hal ini sangatlah penting untuk dapat menjalankan pencegahan sedini mungkin.

2. Rasa ngilu, biasanya buah hati akan merasakan sakit gigi atau rasa ngilu ketika makan makanan yang manis, ini karena makanan manis tersebut masuk pada permukaan gigi yang berlubang. Rasa ngilu juga dapat terjadi saat makan atau minum makanan yang terlalu dingin atau panas, hal ini dapat mempengaruhi kebutuhan nutrisi pada anak para mama.

3. Menurunnya nafsu makan, akan terjadi penurunan nafsu makan pada buah hati dikarenakan gigi berlubang.


Cara Merawat Gigi Berlubang Pada Anak

perawatan gigi berlubang pada anak

Dan untuk para mama bisa melakukan beberapa hal dalam perawatan gigi berlubang pada anak, berikut ulasannya:

1. Lakukan terapi florida, terflorida ini adalah tahap awal pencegahan terjadinya gigi berlubang, karena florida ini dapat memperbaiki akan kerusakan gigi. 

Perawatan ini menggunakan gel, larutan, atau pasta gigi yang dapat melapisi gigi dan juga dapat memperkuat enamel gigi.

2. Perawatan untuk gigi, bayangkanlah pada sakit tulang, tulang saja bisa sembuh dan pulih secara sendiri kenapa gigi tidak bisa, dengan melakukan perawatan yang baik pada gigi tentu gigi akan menjadi sehat dan terhindar dari lubang.
Ajarkanlah pada buah hati agar selalu menjaga kebersihan mulut dan juga gigi dengan cara menyikat gigi 2 kali dalam sehari setelah makan dan sebelum menjelang tidur, hal tersebut mencegah agar sisa-sisa makanan tidak menumpuk pada gigi dan mencegah pembentukan gigi berlubang.

3.Cabutlah gigi yang tdak lagi bisa diselamatkan, gigi yang berlubang yang tidak mungkin diselamat lagi memang harus dicabut, dikarenakan apabila tidak dicabut akan menimbulkan rasa sakit dan akan menimbulkan bau mulut dan menginfeksi gigi yang lainnya.

4. Konsultasikan kesehatan gigi pada dokter gigi, selalu rutin ajak buah hati ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi, membiasakan akan hal ini dapat memberitahukan akan tanda dan juga gejala awal gigi yang kurang sehat.

5. Biasakan untuk mengunakan gelas, jangan biasakan buah hati untuk mengunakan botol ketika minum susu.

Biasanya ketika hendak tidur anak minta susu ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan gigi pada balita, gunakanlah gelas untuk minum susu dan segara ajarkan mengosok gigi sebelum tidur.

6. Batasi asupan makanan yang tinggi akan asam fitat, asam fitat ini terutama fosor pada tanaman, banyak ditemukan pada tanaman pada padi-padian, biji-bijian, kacang-kacangan dan tanaman polong.

Walaupun tanaman ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena banyak mengandung kabohidrat akan tetapi tanaman ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi.

Demikianlah seputar mengenahi pengobatan gigi berlubang dan cara pencegahan pada anak, semoga artikel ini dapat menjadi refernsi bagi para mama dalam menjaga kesehatan gigi pada buah hati, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
6 Perawatan Gigi Berlubang Pada Anak - posted by Trias Enik , published at 01.20, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya