Cara Ampuh Mencegah Dan Mengobati Batuk Secara Alami

by Tri Enik Pujiati , at 00.59 , have 0 komentar
Cara mencegah batuk, batuk merupakan penyakit yang paling sering menyerang terutama anak-anak, dikarenakan anak-anak lebih sering jajan sembarangan di sekolah yang banyak mengandung minyak yang tak sehat, ini dapat mengakibatkan sakit batuk, dan batuk biasanya menyerang anak-anak ketika pergantian musim, batuk pilek menyerang karena melalui tetesan bakteri atau virus yang berada dalam udara sekitar.

cara mencegah batuk

Cara Mencegah Batuk Secara Alami


cara mencegah batuk
Dan untuk mencegah terjadinya batuk sahabat bisa melakukan beberapa tips kesehatan dibawah ini;

1. Rajin cuci tangan, cuci tangan memberikan efek yang bagus bagi kesehatan dikarenakan dengan melakukan cuci tanggan kuman penyebab batuk yang terdapat pada tangan akan hilang, cucilah tangan mengunakan sabun antibakteri.

2. Perbanyak dalam mengkomsumsi air putih, banyak meminum air putih memberikan efek yang bagus bagi kesehatan.

Apabila sudah ada tanda dan juga gejala batuk perbanyaklah untuk minum air, malah akan lebih bagus bila airnya hangat.

3. Hindari merokok dan juga asap rokok, asap rokok yang terhirup ini dapat mengiritasi tenggorokan oleh sebab itu hal ini dapat menjadikan batuk.

4. Gunakanlah tisu, bawalah tisu ketika berpergian, ini dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari kuman-kuman yang berada disekitar lingkungan.

Apabila sahabat berada dikerumuan banyak orang tutuplah hidung sahabat hal ini mencegah tertularnya bakteri penyebab batuk.

5. Istirahatlah yang cukup, tubuh memerlukan istirahan dalam merifreskan pikiran-pikiran dan menyetabilkan tenaga yang telah dilakukan sepanjang hari.

Dengan beristirahat tubuh bisa kembali fit dan pertahan tubuh kuat dalam melawan bakteri-bakteri jahat.

6. Mengkomsumsi makanan yang tertentu, sayuran yang hijau dan juga buah sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh, seperti buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C oleh sebab itu dapat menjadi antioksidan dan dapat melawan akan infeksi dan dapat berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Beberapa makanan yang dapat mengatasi batuk ialah bawang merah, bawang ini dipercaya dapat mengilangkan dahak, dan akar kunyit ini dapat bermanfaat untuk batuk kering. Campuran 1 sendok the madu dan juga jus anggur dipercaya dapat mengatasi masalah batuk.

8. Olahraga secara rutin dapat membuat tubuh menjadi fit, dan peredaran dalam darah menjadi lancar, serta dengan berolahraga dapat meningkatkan akan kekebalan tubuh.

9. Mandilah dengan mengunakan air hangat, cara ini dapat membantu dalam pengencerah dahak.

Dan untuk para sahabat yang sedang mengalami sakit batuk sahabat bisa menghilangkan batuk dengan cara yang mudah dan juga praktis menggunakan baha-bahan alami:

1. Jeruk nipis, perasan akan jeruk nipis dapat bermanfaat meringankan batuk, campurkan madu dan juga kecap sebagai ramuan tambahan, minum ramuan ini 3 kali sehari, untuk mepercepat penyembuhan.

2. Menggunakan daun sirih, adun sirih ternyata dapat mengobati batuk, caranya rebuslah daun sirih dan air rebusannya diminum satu kali sehari.

3. Kunyit, kunyit ini juga salah satu pereda batuk, caranya ambillah kunyit dan tumbuk hingga halus, peras ambil airnya tambahkan dengan mengunakan susu atau madu. Minum satu gelas dan minum satu kali sehari.

4. Gunakan ramuan jahe, caranya ramuan ini satu rimpang jahe dan tambahkan 3 lembar daun wungu serta 5 biji cengkeh, minumlah ramuan ini sekali sehari minum berturut-turut hingga 3 hari dan tunggu hasilnya.

5. Madu, apabila madu dikonsumsi menjelang tidur ini sangat efektif dalam meredakan batuk dibandingkan dengan obat batuk, efek yang diberikann madu ialah memberikan rasa yang manis dapat membuat tidur menynyakkan tidur dan dapat mengusir batuk. 

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Archives of pediatric and Adolescent Medicine. Dalam pemberian dosisi madu sama dengan obat batuk OTC yaitu ½ sendok the pada usia anak 1-5 tahun, dan 1 sendok the madu pada usia anak 6 tahun, 2 sendok the usia anak 12 tahun keatas, madu ni tidak disarankan dikonsumsi pada usia anak dibawah 1 tahun.

Demikian seputar mengenahi cara mencegah batuk, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para sahabat, dan terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Mencegah Dan Mengobati Batuk Secara Alami - posted by Trias Enik , published at 00.59, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya