10 Macam Penyakit Gigi Dan Mulut

by Tri Enik Pujiati , at 20.55 , have 0 komentar
Penyakit gigi dan mulut, pada pertemuan kali ini Eni akan menshare tentang seputar mengenai penyakit gigi dan mulut, pernah tidak sahabat mengalami sakit gigi?

Sakit gigi merupakan nyeri yang dirasakan di dalam atau disekitar gigi yang terasa saat saraf gigi
yang terasa saat saraf gigi teriritasi yang disebabkan oleh berbagai masalah gigi dan mulut, dan pasti sahabat akan mengalami rasa yang tidak nyaman.

Gigi merupakan salah satu alat pencernaan yang bertugas sebagai melembutkan makanan agar mudah dicerna oleh lambung, dan apabila gigi mengalami masalah akan kinerja pencernaan akan terhambat. Oleh sebab itu kesehatan gigi sangatlah penting.

penyakit gigi dan mulut
Berbagai gangguan kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi:

Macam-Macam Penyakit Gigi Dan Mulut 


1. Radang mulut, radang ini disebabkan oleh jamur, penyakit ini memiliki tanda dan gejala seperti lidah yang berwarna pucat dan juga terdapat bercak kuning dan keputihan dan sangat mudah untuk dikeruk.

Bercak ini mengakibatkan rasa perih saat digunakan makan atau mengosok gigi. Dan untuk mengobati akan serangan ini biasanya mengunakan tablet hisap antifungal.

Baca juga artikel tentang:7 Pengobatan Gigi Ngilu Secara Alami

2. Hipersensitifitas gigi merupakan rasa nyeri pada gigi atau terjadinya bengkakpada gigi ataupun gusi. Sering terjadi pada gigi geraham pada gigi bawah maupun gigi atas.
Gangguan gigi ini biasanya disebut juga dengan “impacted gigi”, atau pertumbuhan gigi geraham yang tumbuh tidak benar, dan biasanya penanganannya harus dilakukan ekstraksi atau pencabuutan gigi geraham.

3. Coksackle virus, gangguan mulut ini atau penyakit ini lebih sering menyerang pada anak-anak. Selain menyerang mulut dan menimbulkan titik-titik merah pada mulut, virus ini juga dapat menyerang pada tangan dan kaki.

Biasanya gejalanya akan mengakibatkan terjadinya demam dan bias mengakibatkan rasa mengigil, virus ini dapat menular oleh sebab itu anak-anak harus diidolasikan. Dan berikanlah konsumsi makanan yang tinggi akan protein dan sarankan pada anak agar istirahat yang cukup.

4. Infeksi pada gusi, peningkatan peradangan akan mengakibatkan gusi menyusut dan membentuk kantong diantara gigi dan gusi. Ini disebabkan pleh perangkap kantong karang gigi plak dan juga sisa-sisa makanan yang mengakibatkan terjadinya infeksi dan abses.

Penyakit gusi akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada tulang yang akan mendukung gigi dan merupakan salah satu penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa.

5. Glossitis, penyakit ini merupakan terjadinya lidah akan terasa sakit dikarenakan adanya rekahan. Dikarenakan kondisi ini terjadi karena diakibatkan jaringan pelindung di permukaan lidah tidak terbentuk secara sempurna.

Untuk mengatasi masalah ini pengobatan yang harus dilakukan ini harus diketahui penyebabnya dulu, karena masalah ini dapat mengakibatkan terjadinya anemia.

penyakit gigi dan mulut6. Bibir dan juga mulut akan terasa perih, biasanya masalah ini disebabkan oleh syphilis yang tertular melalui oral seks, gejala ini biasanya akan mengakibatkan rasa mulut akan terasa perih.

Dan keluhan ini biasanya akan hilang setelah beberapa hari. Dan apabila keluahan rasa perih ini tidak hilang selam 3 minggu bias saja gejala ini adalah kanker.

7. Gigi yang berwarna kuning atau kecoklatan Karis gigi seperti gigi berlubang, gigi rapuh, gigi kehitaman, dan gigi rusak. Gusi yang mudah sekali bengkak atau juga berdarah.

8. Dan pada gusi sering kali timbul bengkak kecil seprti bisul yang memberikan rasa nyeri, Gangguan ini sering kali disebut dengan abses gusi.

9. Bibir mudah sekali berdarah dan juga kering dan sering terjadinya sariawan, sariawan ini sering terjadi pada orang dewasa bahkan pada bayi pun sering mangalaminya, sariawan ini disebakan oleh jamur candida.

Tetapi pada orang yang memiliki sisitem kekebalan yang lemah jamur ini akan lebih mudah sekali tumbuh liar pada permukaan mulut. Dan akan memberikan rasa sakit dan akan mengganggu system pencernaan.

10. Mulut berbau, pada orang yang sering mengalami sakit gigi dan juga gigi yang berlubang akan sering dijumpainya bau mulut.

Dan untuk mengatasi masalah bau mulut ini sahabat dapat mengkomsumsi bawang putih atau pun merah, kebiasaan merokok ini dapat mengakibatkan terjadinya bau mulut.

Untuk menghindari penyakit gigi dan mulut sahabat bias mencegahnya dengan rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti menyikat gigi setelah makan dan juga sebelum tidur.

Demikianlah seputar mengenahi penyakit gigi dan mulut, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para sahabat, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
10 Macam Penyakit Gigi Dan Mulut - posted by Trias Enik , published at 20.55, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya