Cara Ampuh Mencegah Malarian Dengan 3M

by Tri Enik Pujiati , at 22.03 , have 0 komentar
Cara mencegah malaria, malaria adalah penyakit yang sangat serius, penyakit ini tersebar di berbagai negara. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Anopheles, dan untuk pencegahan dan juga untuk terhindar dari penyakit malaria ini adalah dengan cara meminimalkan perkembang biakan akan nyamuk Anopheles ini.

Biasanya nyamuk Anopheles ini akan bertambah banyak pada pergantian musim dari musim kemarau berganti ke musim hujan, dan nyamuk akan berkembang biak pada genangan air.

Oleh sebab itu perlunya koordinasi dari setiap orang atau pun warga untuk melakukan 3 M, jika ingin memberantas nyamuk Anopeles ini, yaitu:

cara mencegah malaria
Dengan melakukan gerakan 3 M, 3 M ini dikenal dengan gerakan (menguras, menutup dan mengubur).

1. Menguras, ini dapat dilakukan untuk selalu menguras bak mandi untuk mencegah pemberantasan akan jentik-jentik nyamuk Anopheles.

Dan selalu mengganti akan air vas bunga, dan menaburkan bubuk abate pada bak mandi setelah selesai dikuras hal ini dimaksudkan untuk apabila nyamuk Anopheles ini bertelur pada bak mandi jentik-jentiknya akan mati.

2. Menutup, selalu menutup akan tempat-tempat penampung air yang ada di rumah dengan rapat-rapat, atau dapat sahabat gunakan ikan pada penampungan air untuk tujuan memakan jentik-jentik nyamuk malaria.

3. Mengubur, usahakan agar selalu mengubur akan barang-barang bekas yang dapat menampung air.

Dan untuk terhindar dari penyakit malaria ini selain pencegahan 3 M yang telah dijelaskan diatas, sahabat bisa melakukan:

Cara Efektif Mencegah Malaria


    cara mencegah malaria
1. Hindari dari gigitan nyamuk, dengan menghindari akan gigitan nyamuk adalah hal yang paling tepat, nyamuk malaria ini suka pada daerah rawa-rawa atau pinggiran kota atau pun sawah, tambak ikan sarana air tergenang nyamuk suka menaruh telurnya disana. 

Selain itu sahabat bisa menggunakan obat losen anti nyamuk untuk terhindar dari gigitan nyamuk.

2. Membasmi jentik nyamuk malaria dewasa. Untuk memberantas perkembang biakan diatas telah dijelaskan, ini dapat dilakukan dengan cara. 
Melakukan foging, sebaiknya penyemprotan fogng ini dilakukan pada daerah yang endemis malaria dengan insektisida 2 kali dalam satu tahun dengan interval watu enam bulan. Larvaciding merupakan kegiatan penyemprotan yang dilakukan di daerah rawa-rawa yang potens

3.  Biological control ialah kegiatan penebaran ikan kepala timah dan ikan guppy pada genangan air yang bertujuan untuk ikan memakan jentik-jentik nyamuk malaria.

4. Mengurangi tempat perindukan nyamuk malaria, tempat perindukan malaria sangatlah bervariasi, di daerah endemis malaria, masyarakat perlu menjaga akan kebersihan lingkungan dengan cara 3 M, yang telah dijelaskan diatas, dengan lingkungan yang bersih ini memungkinkan pencegahan akan genangan air pada tempat perkembang biakkan nyamuk malaria.
5. Pemberian obat pencegah malaria, ini bertujuan untuk mencegah terjadinya akan penyakit malaria, seorang yang akan berpergian ke daerah yang endemis akan penyakit malaria disarankan untuk meminum obat anti malaria sekurang-kurangnya seminggu sebelum berangkat.
Gejala-gejala yang timbul akan penyakit malaria diantaranya ialah:

Gejala yang ditimbulkan ini hampir sama seperti gejala flu, gejala malaria umumnya:

1. Akan timbul sakit kepala, demam dan mengigil serta nyeri otot pada persendian

2. Biasanya juga timbul gejala seperti batuk, diare, mual dan juga muntah.

3. Akan timbul keringat dingin yang terjadi secara berulang-ulang.

4. Terjadinya kerusakkan pada sel darah merah atau  trombosit.

Demikianlah seputar ulasan mengenahi cara mencegah terjadinya malaria, semoga artikel ini dapat mermanfaat untuk para sahabat yang telah membaca. Salam sehat untuk SAHABAT eniy
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Mencegah Malarian Dengan 3M - posted by Trias Enik , published at 22.03, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya