Makanan Dan Nutrisi Yang Bagus Bagi Ibu Hamil

by Tri Enik Pujiati , at 01.16 , have 0 komentar
Nutrisi bagi ibu hamil, masa kehamilan adalah masa yang mana memerlukan nutrisi yang banyak untuk menjaga keshatan tubuh dan juga kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Dengan makan makanan yang banyak mengandung nutrisi maka tubuh menjadi sehat dan tubuh juga akan mempersiapkan produksi ASI yang melimpah yang diperlukan bayi saat lahir.

Dikarenakan ASI merupakan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk bayi dalam menunjang pertumbuhannya.

nutrisi bagi ibu menyusui

Makanan Yang Baik Dikomsumsi Ibu Hamil


1. Sayuran, merupakan sumber zat besi, serat folat, vitamin C, lycopene, flavonoid. Dengan mengkomsumsi makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu para mama dalam mempertahankan energi dan juga mencegah terjadinya anemia.

Asam folat atau folat sangatlah penting dalam pertumbuhan sel darah merah, sayuran yang sangat dianjurkan dikonsumsi saat masa kehamilan ialah bayam, selada, tomat, ketimun, jamur, kedelai, daun katuk, daun katuk ini sangat bermanfaat untuk pelancar ASI oleh sebab itu daun katuk ini banyak dibuat produksi susu ibu hamil dan juga menyusui dikarenakan manfaat yang terkandung didalam daun katuk.

Baca juga artikel:9 Manfaat Sayuran Bagi Ibu Hamil

2. Buah-buahan, buah memang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dikarenakan vitamin yang terdapat dalam buah tersebut, buah memang penting untuk menujang ASI pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, B, K, C. Vitamin C ini diperlukan tubuh dalam menjaga kekebalan tubuh untuk tetap fit.

Mengkomsumsi buah juga dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Seperti contohnya buah strowberry, blueberry, blackberry yang banyak mengandung antioksidan dan juga serat yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, mama bisa mengkomsumsi secara langsung ataupun dapat mama buat menjadi jus yang segar.

3. Kacang-kacangan, didalam kacang banyak mengandung protein merupakan sumber yang baik dalam memperbaiki sel-sel yang terdapat dalam tubuh. Kacang-kacangan yang baik yaitu kacang-kacangan yang banyak mengandung vitamin B, E, C, folat, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Kalsium ini berfungsi untuk proses membangun tulang yang sehat dan juga dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi. Kacang kenari, kemiri dan hazelnut bisa mama cemil, untuk memperoleh manfaat yang terdapat dalam kacang-kacangan tersebut.

4. Ikan, untuk memperlancat ASI mama bisa menambahkan komsumsi ikan pada menu makan mama, ikan yang mengandung omega 3 sangat penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan buah hati mama dalam kandungan.

Menurut sebuat penelitian bahwa tidak semua jenis ikan aman untuk ibuhamil dikarenakan dikhawatirkan bahwa ada yang mengandung merkuri yang sangat tinggi yang tidak bagus dalam kesehatan buah hati.

Dan jenis ikan yang tidak boleh dikomsumsi untuk mama adalah ikan hiu, ikan todak, makarel, atau ikan ubin. Dan ikan yang rendah merkuri dan disarankan dikomsumsi untuk mama adalah ikan tuna, ikan salmon, dan juga ikan lele.

5. Susu, susu sangat bagus juga dikomsumsi untuk ibu mengandung untuk mempersiapkan produksi ASI yang melimpah pada susu terdapat vitamin D yang bermanfaat untuk buah hati dalam menunjang masalah pertumbuhannya dan juga pembentukan tulang bayi.

nutrisi bagi ibu menyusui6. Biji-bijian, semua biji-bijian merupakan sumber dari vitamin B dan vitamin E, selenium, kalium, folat, protein dan juga zat besi. Semua itu penting dibutuhkan untuk ibu menyusui biji-bijian baik untuk ibu menyusui dikarenakan biji-bijian yang banyak mengandung nutrisi dan serat alami yang tidak rusak dalam proses pengelolaannya.

Dan disarankan untuk para mama dalam mengkomsumsi biji-bijian 6-11 porsi perhari, mama bisa jadikan sebagai kudapan sehat dan dapat memberikan manfaat yang dihasilkan oleh biji-bjian tersebut.

Demikianlah sekilas tentang nutrisi yang bermanfaat untuk ibu menyusui, para mama bisa menjadaikan artikel ini sebagai referensi bagi mama dalam memperlancar Asi untuk menunjang pertumbuhan buah hati mama.

Terimakasih telah membaca, semoga mama dan buah hati SEHAT selalu.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Makanan Dan Nutrisi Yang Bagus Bagi Ibu Hamil - posted by Trias Enik , published at 01.16, categorized as kehamilan . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya