Cara Mengajarkan Memelihara Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

by Tri Enik Pujiati , at 15.50 , have 1 comment
Kesehatan gigi dan mulut pada anak, menjaga kesehatan gigi memang harus diajarkan dari sejak dini, karena dengan mengajarkan anak menjaga kesehatan gigi sejak dini menanamkan rasa tanggung jawab anak dalam menjaga akan kebersihan gigi dan juga mulutnya, dan mengajarkan anak akan masalah-masalah kesehatan gigi dan juga mulut seperti kerusakan pada gigi, gigi berlubang, pembengkakan pada gusi, keroposan gigi dan sebagainya.

Apabila anak memiliki gigi yang tidak sehat karena kurangnya menjaga akan kebersihan gigi ini akan berdampak buruk bagi kesehatannya, anak akan menjadi malas makan.

Gigi pada anak muncul pertama kali pada anak usia 6 bulan, pertama kali tumbuh gigi seri bagian depan dan berlanjut terus menerus hingga gigi susu yang berjumlah 20 buah gigi.

Kebanyakan anak-anak memang memiliki kegemaran akan mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan juga lengket seperi coklat dan juga permen padahal makanan tersebut dapat menjadikan salah satu masalah dalam kesehatan gigi, rasa manis pada gula ini mengundang bakteri pembuat asam, apabila permukaan mulut dan juga gigi terlalu asam ini dapat mengakibatkan permudahnya akan gigi berlubang.

Dan disini Eni akan mengeshare tentang beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan juga mulut pada anak, dan berikut ini ualasannya:

kesehatan gigi dan mulut pada anak

1. Ajarkan anak menyikat gigi sendiri, mengajarkan anak dalam menyikat gigi sendiri menanamkan anak dalam menjaga kesehatan gigi pada anak, ada 2 cara menyikat gigi yaitu vertical dan horizontal dan ajarkan juga anak melakukan sikat gigi sehari 2 kali yaitu setelah makan dan seelum tidur.

Dan sebaiknya pilihlah pasta gigi yang disukai anak seperti rasa buah-buahan yang memiliki rasa manis dan juga segar serta gunakanlah sikat gigi yang halus yang tidak melukai permukaan gigi anak.

2. Hindarkan anak mengkonsumsi makanan yang manis, makanan manis memanglah kegemaran anak-anak, tetapi makanan yang manis-manis ini berpotensi tinggi menyebabkan masalah-masalah dalam gigi, sebaiknya anak dibatasi dalam mengkonsumsi makanan yang terlalu mengandung gula.

Anak-anak sangat gemar akan makanan yang mais dan anak jarang menyikat gigi dan kurang memperatikan kesehatan gigi akan memimulkan berbagai masalah kesehatan gigi, ajarkanlah cara menjaga kesehatan gigi pada anak sejak dini.

Baca juga artikel :Cara Perawatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

3. Perkenalkan sejak dini berobat kesehatan gigi pada anak, pergi kedokter gigi biasanya memberikan rasa takut pada anak, anak-anak merasa takut dengan berbagai peralatan dokter gigi yang ada di ruang dokter jelaskanlah pada anak tentang manfaat dari mengkonsultasikan masalah kesehatan gigi pada dokter.

Perawatan Gigi Dan Mulut Pada Anak


1. Para mama harus memperhatikan kesehatan gigi dan juga mulut, gigi anak yang petama kali muncul pada usia 6 bulan, mama juga harus membersihkannya agar menghindari akan melekatnya bakteri-bakteri yang melekat pada permukaan gigi.

Bersihkan dengan kapas basah dan usapkan lembut pada permukaan gigi anak,  bersihkan gigi anak saat anak selesai anak minum susu karena untuk menghindari pertumbuhan bakteri-bakteri jahat penyebab masalah gigi.

2. Dan pada usia 1-3 tahun, pada masa ini memang benar-benar perlu perhatian dalam menjaga kesehatan gigi anak, dikarenakan pada usia ini jumlah gigi pada anak sudah lengkap dan anak mulai mengemari makanan yang manis-manis yang dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi.

Sikatlah gigi perlahan-lahan pada anak dan jelaskan pula manfaat dari sikat gigi serta dampak yang ditimulkan jika tidak melakukan sikat gigi.

3. Menjaga kesehatan gigi pada anak usia 3-5 tahun, rasa ingin tahu pada anak-anak memang sangat besar, ajarkanlah pada anak cara menyikat gigi yang baik dan juga benar pad usia anak 3 tahun, dan biarkan anak melakukan atau mepraktekkan cara menyikat gigi sendiri.

Beberapa penjelasan cara menjaga kesehatan gigi pada anak sudah Eni jelaskan, dan untuk menjadikan gigi agar tetap sehat dan juga kuat pada anak, mama juga harus memperhatikan asupan makanannya, ada beberapa makanan yang dapat menjadikan gigi menjadi sehat dan juga kuat, berikut ini ulasannya:


1. Buah dan juga sayur, 2 komponen tersebut sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dengan banyak memproduksi buah dan juga sayur dapat meningkatkan air liur, air liur ini dapat menetralisir plak atau kotoran-kotoran pada gigi.

Jadi untuk mama perbanyaklah konsumsi sayuran dan juga buah pada buah hati mama.Kandungan kalsium ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tulang dan juga gigi.

2. Berikan asupan makanan yang banyak mengandung kalsium, dan kalsium ini dapat diperoleh dari susu, berikanlah susu pada anak mama untuk menunjang kesehatan gigi pada anak dan berikanlah ASI pada masa bayi karena ASi memang sangat bagus untuk kesehatan dan petumbuhan anak.

Untuk menjadikan gigi tetap sehat dan juga kuat janganlah terlalu banyak makan cemilan, anak memiliki kegemaran makan yang manis-manis dan juga lengket, konsumsi coklat dan juga permen boleh-boleh saja tetapi janganlah terlalu sering karena dapat berakibat buruk bagi kesehatn gigi. Sebaiknya para mama harus mengambil sikap yang tegas dalam menjaga kesehatan gigi pada anak.

Demikianlah seputar mengenahi kesehatan gigi pada anak, semoga artikel ini dapat mama gunakan sebagai referensi dalam menjaga kesehatn gigi pada anak dan terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Mengajarkan Memelihara Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak - posted by Trias Enik , published at 15.50, categorized as tips-tips . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Unknown
Hai bunda masih pusing dalam memilih pasta gigi anak yang bermutu ? Mending coba yu Pasta gigi anak Clean Me. Aman
Reply Delete
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya