Daftar Makanan Penyebab Masalah Gigi Berlubang

by Tri Enik Pujiati , at 16.08 , have 0 komentar
Makanan penyebab gigi berlubang, gigi berluang merupakan salah satu masalah yang menyerang gigi, tentu sahabat tidak ingin mengalami gigi berlubang, karena gigi berlubang akan memberikan rasa sakit yang menyakitkan.

Untuk menjaga agar gigi sahabat tidak berluang ada beberapa cara untuk terhindar dari gigi berlubang.

makanan penyebab gigi berlubang

1. Sikat gigi

Hal yang paling sederhana yang bisa sahabat lakukan adalah menyikat gigi supaya terhindar dari masalah kesehatan gigi dan mulut salah satunya ialah gigi berlubang. Karena dengan menyikat gigi akan membuang kotoran yang melekat apa permukaan gigi, dan apabila sahabat malas melakukan sikat gigi maka kotoran akan mengundang bakteri-bakteri yang dapat mengakibatkan gigi sahabat menjadi berluang.

Sahabat harus rajin melakukan sikat gigi 2 kali dalam sehari setelah makan dan sebelum tidur. Dan perlu diingat para sahabat agar juga selalu membersihkan lidah karena dalam lidah yang kotor juga banyak bakteri yang menempel.

2. Hindari makan atau minum sebelum tidur

Janganlah sahabat makan dan minum yang manis sebelum menjelang tidur karena hal tersebut dapat mengundang akan bakteri penyebab gigi berlubang. Dan lakukan sikat gigi dengan baik dan juga benar.

3. Berkumur-kumurlah setelah makan

Berkumur-kumur ini menghindari makanan yang akan menemper pada permukaan gigi yang dapat menjadikan masalah kesehatan gigi dan juga mulut.

Baca juga artikel:Tips Perawatan Gigi Supaya Sehat Dan Kuat

4. Gantilah sikat gigi sahabat minimal 3 bulan sekali 

Mengganti sikat gigi agar gigi sahabat tetap aman dan terhindar dari beberapa kuman dan juga bakteri, karena sikat gigi yang terlalu lama dapat mengakibatkan penumpukan kuman yang berlebih.

5. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung akan fluoride

Fluoride ini sangatlah agus untuk melawan gigi yang berlubang, karena flurodine ini melindungi gigi sahabat dan menjadikan gigi menjadi kuat.

6. Sebaiknya hindarilah makanan yang terlalu manis dan juga lengket

Sangan dianjurkan bagig sahabat agar menghindari makanan yang terlalu manis dan juga lengket seperti permen, coklat dan juga minuman yang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi seperti contohnya sirup dan soda. Dikarenakan jenis makanan tersebut dapat memicu masalah kesehatan gigi dan mulut.

7. Hindari menusuk gigi dengan lidi

Karena akan menimbulkan rengangan antara gigi yang satu dan yang lainnya dan dapat berisiko tinggi terlajinya luka pada gusi yang dapat menyebabkan gusi bengkak dan menjadi gusi berdarah serta memicu timbulnya infeksi pada gusi.

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Gigi Berlubang

makanan penyebab gigi berlubang


1. Makanan yang terlalu manis, seperti yang Eni bahas sebelumnya bahwa makanan yang mengandung gula adalah makanan yang mengandung akan zat yang dapat menyebabkan gigi mudah sekali berlubang. 

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk para sahabat mengurangi akan makanan yang manis-manis agar terhindar dari gigig berlubang.

2. Makanan yang kaya akan kabohidrat, kabohidrat ini akan diubah tubuh menjadi gula dan pati, dan makanan yang mengandung akan karbohidrat tinggi dan tertinggal dalam permukaan gig akan beruah menjadi gula yang menjadi makanan kesukaan bakteri pembuat keasaman. 

Apaila permukaan gigi menjadi asam ini akan mempermudah gigi berlubang, oleh itu sangat disarankan agar selalu mengosok gigi setelah mengkonsumsi makanan, dan juda sebelum tidur untuk menghindari gigi berlubang.

3. Hindari makan lemon atau minum jus lemon, lemon ini memiliki keasaman yang sangat tinggi. Saat mengenahi gigi ini dapat merusak lapisan email.

4. Permen padat, permen yang keras atau sirup obat batuk memiliki efek demineralisasi, kandungan gula yang terdapat pada permen ini dapat melekat pada permukaan gigi dan apabila terlalu lama gula ini dapat berubah menjadi asam dan dapat menjadai gigi berlubang.

5. Alcohol, ternyata alcohol ini juga salah satu penyeban gigi berlubang, alcohol ini dapat mengakibatkan dehidrasi dan juga mulut menjadi kering, alcohol ini dapat menjadikan air liur dan menjadi berkurang dan dapat menjadikan infeksi seperti sakit gusi. Dan juga gigi berlubang.

Demikianlah seputar mengenahi masalah makanan penyebab gigi berlubang, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan  teimakasih telah membaca.


Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Daftar Makanan Penyebab Masalah Gigi Berlubang - posted by Trias Enik , published at 16.08, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya