Dunia Informasi Kesehatan Anak

by Tri Enik Pujiati , at 21.19 , have 0 komentar
Informasi kesehatan anak, menjaga akan kesehatan anak memang tugas wajib untuk para orang tua, agar anak terhindar dari berbagai masalah kesehatan tubuh.

Pentingnya menjaga akan kesehatan anak karena anak masih memiliki daya tubuh yang masih sangat rentang.

Beberapa penyakit yang sering kali menyerang anak-anak ialah:

informasi kesehatan anak


1. Batuk, batuk adalah respon alami yang dilakukan oleh tubuh dalam membersihkan akan debu, membersihkan lender-lendir, factor penyebab iritasi.

Batuk bisa sembuh dengan sedirinya dalam waktu 3 minggu tanpa melakukan pengobatan, dan untuk mengatasi masalah batuk pada anak mama bisa membuatkan ramuan alami seperti madu yang dicampurkan dengan pperasan air lemon.

2. Pilek, pilek adalah radang yang terjadi pada lapisan hidung dan jga tenggorokan sehinga mengakibatkan produksi lender yang banyak, anak yang terserang akan penyakit pilek akan mengalami gejala sakit pada tengorokan, sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersbat dan juga beringus. 

Biasanya pilek terjadi pada perubahan cuasa, biasanya anak akan mengalami batuk dan pilek, dikarenakan cuaca yang tidak menentu dapat membuat suhu dan juga kelembapan udara berubah menjadi tiba-tiba. 

Adapun penyebab dari penyakit pilek adalah virus kelompok coronaviruses dan rhinoviruses. Virus ini atau pilek ini dapat menyerang baik langsung atau tidak langsung.

3. Demam, demam merupakan proses tubuh, karena kekebalan tubuh anak sedang melawan akan penyaki-penyakit yang menyerang terhadap infeksi. 

Dan biasanya akan timbul gejala saat anak sedang mengalami demam yaitu; Tubuh anak akan mengalami lemas dan penurunan akan kesadaran, lebih sering tidur, sakit kepala,suhu tubuh yaitu 38, bagian bibir dan juga kulit akan terlihat membiru.

Baca juga:Tips Mendidik Agar Anak Cerdas Dan Pintar

4. Diare, diare menurut WHO diare adalah buang air besar dalam bentuk cairan lebih dari tiga kali dalam sehari.

Dan adapun frekuensi normal buang air besar pada bayi.

Bayi usia 0-6 bulan (ASI):sehari 1-7 kali atau bahkan 1-2 hari sekali.

Bayi usia 0-6 ulsn (non ASI):sehari 3-4 kali atau sampai hanya 1-2 hari sekali.

Usia di atas 6 bulan:biasanya 3-4 kali sehari atau 2 hari sekali. Jika sudah menginjak usia 4 tahun sama  seperti orang dewasa.

Dan diare ini biasanya disebakan oleh: Infeksi virus, rotavirus merupakan penyebab diare pada anak-anak yang paling sering. Bakteri dan parasite ini masuk melalui makanan dan juga minuman yang terkontaminasi. 

Penanganan yang segera dilakukan apabila anak para mama diare adalah atasi dengan segera masalah dehidrasi, segera buatkan larutan oralit merupakan hal yang paling tepat untuk mengatasi maslah diare anak di rumah, jika masih belum ada perubahan larikan anak ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

5. Konstipasi/sumbelit, anak-anak biasanya sering mengalami konstipasi/sumbelit karena anak     kekurangan akan cairan dan juga serat alami, sehingga mengakibatkan fese menjadi keras, dan sangat sulit dikeluarkan.

Perawatan Kesehatan Anak Dan Balita

Demikianlah beberapa penyakit yang sering kali menyerang anak-anak, dan adapun beberapa cara agar kesehatan anak selalu terjaga mama bisa melakukan beberapa tips kesehatan berikut:

1. Perhatikan akan konsumsi makanan

kebiasan anak-anak adalah malas makan mereka lebih asik mengabiskan waktunya dengan bermain dan akhirnya akan lupa makan, hal demikian tidak bagus untuk kesehatan tubuh anak sangat dianjurkan untuk para mama dalam melakukan penjadwalkan makan pada anak.

Asupan makanan pada anak juga harus mengandung akan vitamin dan juga mineral yang tinggi dan jangan lupa juga agar selalu memberikan anak 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

2. Jaga akan kebersihan tubuh anak

Karena asik bermain anak-anak lebih suka berekperimen tanpa takut kotor, dan sangat dianjurkan pada mama agar selalu membimbinga anak dan memberikan pengarahan pada anak bahwa kotor merupakan sumber dari timbulnya kuman-kuman yang akan mengakibatkan sakit.

Salah satu menjaga kebersihan tubuh anak adalah dengan melakukan mandi, dengan tubuh yang bersih maka kuman-kuman penyebab penyakit enggan menempel pada diri kita, bersih mencerminkan kehidupan yang sehat.

3. Istirahat yang cukup

Karena asik bermain jangan lupa sarankan anak untuk istirahat karena dengan beristirahat tubuh akan mengembalikan tenaga-tenaga yang telah dibuat beraktifitas seharian kemali normal. Kebutuhan tidur anak sekitar8 jam sehari agar anak tidak gampang terkena akan penyakit.

Demikianlah seputar mengenahi informasi tentang kesehatan anak, semoga artkel ini dapat bermanfaat bagi para mama dalam menjaga kesehatan para buah hati, dan terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Dunia Informasi Kesehatan Anak - posted by Trias Enik , published at 21.19, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya