8 Cara Menjaga Gigi Agar Tetap Sehat

by Tri Enik Pujiati , at 16.59 , have 0 komentar
Gigi yang sehat, memiliki gigi yang sehat merupakan impian bagi setiap orang, dengan memiliki gigi yang sehat akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi, dan juga memiliki gigi yang sehat, putih dan juga kuat akan terlihat cantik dan juga menarik karena gigi juga termasuk kecantikkan bagian tubuh.

Gigi sangat berperan penting dalam system pencernaan yaitu sebagai pelumat makanan agar lemut dan mempermudahkan kerja sistem pencernaan, bagaimana jika terjadi masalah-masalah kesehatan pada gigi tentu akan menggambat kerja sistem pencernaan.

Dan bagaimana cara menjadikan agar gigi tetap terjaga dan agar gigi tetap sehat, demikianlah
beberapa cara menjaga gigi agar tetap sehat.

gigi yang sehat

Gigi Sehat Tetap Harus Dirawat


1. Sikatlah gigi

Agar menjadikan gigi tetap sehat, rajinlah melakukan sikat gigi, karena dengan menyikat gigi ini dapat membuang sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi.

Dan apabila sahabat malas menyikat gigi, sisa-sisa makanan tersebut akan menempel pada permukaan gigi yang sangat lama dan menyebabkan bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Oleh karena itu lakukanlah sikat gigi 2 kali dalam sehari, setelah makan dan sebelum menjelang tidur. Lakukan gerakkan menyikat gigi secara benar yaitu gerakan secara vertical dan melakukan gerakan secara lembut agar tidak melukai gusi

2. Berkumurlah dengan air setelah makan

Hal ini sangat dianjurkan karena dapat membuang sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi.

Baca juga artikel:Tips Perawatan Gigi Supaya Sehat Dan Kuat

Apabila sisa-sisa makanan tersebut menempel pada permukaan gigi dapat menjadikan plak pada gigi dan juga karang pada gigi, serta masalah kesehatan gigi lainnya.

3. Hindari beberapa makanan

Hindarilah makanan yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan gigi, hindari makanan yang terlalu manis, terlalu panas, terlalu dingin karena makanan tersebut adalah makanan yang dapat memberikan efek yang kurang baik pada kesehatan gigi. 

Makanan manis tersebut akan menempel pada permukaan gigi dan akan mengundang bakteri yang mengakibatkan permukaan gigi menjad asam dan seharusnya permukaan gigi basa, karena permukaan gigi asam maka akan terjadi gigi berlubang.

4. Makanlah makanan yang banyak mengandung banyak kalsium

Kalsium adalah sangat baik bagi kesehatan gigi, makanan yang kaya akan kalsium bisa sahabat temukan pada buah alpukat, sayur brokoli, kacang-kacangan.

5. Rajinlah untuk mengkonsumsi sayuran

Kita semua tahu bahwa sayuran ini memiliki kandungan-kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh, termasuk juga gigi.

Sayuran memiliki kaya akan serat alami yang dapat membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan, dan sayuran juga ada yang memliki  kandungan vitamin A seperti sayur brokoli, wortel dan juga labu yang vitamin A ini berfungsi sebagai pembentuk email pada gigi.

6. Rajin juga mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan ini akan menjadikan produksi air liur menjadi banyak dan dapat menyingkirkan sisa-sisa makanan, kandungan serat pada buah-buahan dapat menjadikan sikat gigi alamai yang bida membuat agar gigi tetap sehat.

Cobalah makan buah jeruk, stroberry, kiwi dan tebu yang dapat menjadikan produksi air liur meningkat yang dapat menjadikan gigi menjadi tetap bersih.

7. Konsultasikan masalah kesehatan gigi dengan dokter gigi

Sahabat agar gigi menjadi sehat, dan sahabat bisa jadi lebih tahu tentang kondisi kesehatan gigi dan bagaimana cara perawatan gigi sahabat.

8. Hindari kopi, alcohol, dan juga soda

Mereka dapat menjadikan gigi menjadi tidak sehat dan membuat gigi menjadi bernoda, alcohol ini dapat menjadikan permukaan pada mulut menjadi kering hal ini akan menggangu kesehatan gigi.

Demikianlah artkel tentang gigi yang sehat, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakash telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
8 Cara Menjaga Gigi Agar Tetap Sehat - posted by Trias Enik , published at 16.59, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya