12 Cara Menjaga Kebersihan Dan Kesehatan Gigi Dan Mulut

by Tri Enik Pujiati , at 20.34 , have 1 comment
Cara menjaga kebersihan gigi, kebersihan mulut atau (oral hygiene) adalah suatu uppaya melaksanakan kebersihan rongga mulut, atau lidah dari semua kotoran atau sisa-sisa makanan.

Kebersihan mulut dan gigi yang buruk, atau kerusakan gigi dan juga radang gusi akan mengakibatkan bau mulut.

cara menjaga kebersihan gigi

Menjaga kebersihan gigi ini dilakukan sedini mungkin, ajarkan dari sejak kecil anak-anak dalam menjaga kebersihan gigi

Cara Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut


1. Sikat gigi, sikat gigi ini dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu setelah makan dan sebelum tidur. Dan ajarkan anak cara menyikat gigi yang baik dan benar, yaitu dengan cara menyikat searah kebawah dan keatas.
.
cara menjaga kebersihan gigi
2. Hindari makanan yang manis seperti permen dan juga coklat makanan ini selain manis makanan ini juga lengket, sebaiknya anak dikasih makanan yang rendah gula.

3. Hindari merokok, dan untuk orang dewasa, hindari merokok karena rokok ini dapat menyebabkan noda pada gigi, bau mulut dan juga gangguan kesehatan lainnya.

4. Selalu rutin periksakan gigi pada dokter, kenalkan anak dengan dokter gigi, biasanya anak akan  takut ketika diajak ke dokter gigi.

Anak-anak membayangkan peralatan di ruang dokter gigi yang membuat rasa cemas, tetapi kalau diperkenalkan sejak sedini mungkin maka rasa takut itu dapat terhindari dan anak dapat mengerti tentang kebersihan gigi dan masalah-masalah penyakit gigi.

5. Gunakan permen karet yang rendah gula karena dengan mengunyah permen karet akan meingkatkan produksi air liur yang bisa membersihkan partikel-partikel sisa makanan dan asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Hal ini dapat menjaga kebersihan gigi.

6. Minumlah air putih setelah makan, hal ini dapat mengilangkan sisa-sisa makanan.

7. Ganti secara rutin sikat gigi sahabat, sikat gigi yang terlalu lamadipakai ini dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang menumpuk dibulu sikat, oleh sebab itu pengatian sikat gigi secar rutin sangat diperlukan.

Baca juga:Seputar Kesehatan Gigi Dan Daftar Penyakit Yang menyerang Gigi

8. Perhatikan makanan, beberapa makanan dapat tertinggal dipermukaan gigi dan dapat menjadi noda di gigi.

Dan buah stroberry ini dapat mengatasi dikarenakan dalam buah stroberry ini memiliki pemutih gigi yang alami, karena itu buah ini sangat dianjurkan dalam masalah kebersihan gigi. 

Dan untuk dapat mengurangi plak dalam gigi coba makanlah buah apel, pir, wortel atau seledri, buah-buahan ini dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat menjaga gigi agar tetap bersih.

9. Menghapus noda dengan beking soda, apabila sahabat gemar mengkomsumsi akan kopi dan juga the atau makanan yang dapat menjadikan noda pada gigi, cobala cara dengan mengunakan beking soda dalam mengatsi masalah kebersihan gigi. 

Gunakan beking soda seperti pasta gigi, dan apabila beking soda ini dapat menjadikan irtasi didaerah mulut hentikan pengunaan dang anti pasta gigi yang mengandung beking soda, tunggu reaksi yang ditimbulkan  dari cara ini.

10. Jaga kadar keasaman, kadar keasaman ni dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan juga mulut sahabat. Makanan yang dapat mempengaruhi kadar keasaman diantaranya coklat, alcohol, kopi, teh, bawang putih dan bawang merah.

11. Sikat juga lidah, dan untuk menjaga agar nafas selalu segar, ketika menyikat gigi bersihkan pula lidah sahabat dengan mengunakan sikat. 

Didalam lidah ini merupakan salah satu tempat berkembang biaknya bakteri hal ini dapat menjadikan nafas menjadi tidak segar, oleh sebab itu disarankan untuk mengosok lidah ketika menyikat gigi.

Demikianlah seputar mengenahi tentang cara menjaga kebersihan gigi, semoga beberapa tips yang Eni share dapat bermanfaat untuk para sahabat, dan terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
12 Cara Menjaga Kebersihan Dan Kesehatan Gigi Dan Mulut - posted by Trias Enik , published at 20.34, categorized as tips-tips . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Unknown
Kalau anak anak yang mengalami bau mulut sih mudah cukup saya kasih Pasta gigi anak Clean me saja.
Reply Delete
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya