Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Wasir

by Tri Enik Pujiati , at 18.48 , have 0 komentar
Cara Mencegah Wasir, Hai sahabat kali ini eni akan membahas tentang Cara Mencegah Wasir, untuk tahu lebih lanjut tentang wasir bacalah artikel dibawah ini.

Wasir atau dalam bahasa medis disebut hemoroid, adalah penyakit atau gangguan yang menyerang anus dimana Sphinhter Ani atau bibir anus mengalami pembengkakan yang biasanya juga disertai oleh pendarahan.

cara mencegah wasir
Secara umum, ambeien atau wasir dibagi menjadi dua:

1. Ambeien/wasir Eksternal adalah menyerang anus sehingga akan menimbulkan rasa sakit, perih dan juga gatal. Apabila terdorong oleh feses, ambeien/wasir ini dapat mengakibatkan penggumpalan(trombosis), yang mengakibatkan wasir/ambeien ini berwarna biru keunguan.

2. Ambeien/wasir Internal adalah terjadinya pembengkakan yang terjadi di dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat ataupun diraba, pembengkakan yang terjadi ini menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. 

Tanda yang dapat diketahui dalam wasir internal ini adalah pendarahan yang terjadi saat buang air besar. Apabila wasir ini tambah besar dan keluar ke bibir anus akan menyebabkan rasa sakit, ambiyen/wasir ini berwarna pink setelah sembuh dapat masuk dengan sendirinya, tetapi tidak bisa didorong masuk kedalam.

Stadium wasir/ambeien dibagi menjadi empat stadium, yaitu:

1. Stadium 1 merupakan penyakit wasir/ambeien yang terjadi dengan adanya tonjolan yang masih kecil dan belum keluar, gejalanya adalah darah yang menetes setiap selesai buang air besar.

2. Stadium 2 yaitu adanya tonjolan yang sudah keluar namun dengan ukuran yang sedang. Gejalanya muncul jika setelah selesai buang air besar, dan pada stadiun ini tinjolan wasir/ambeien ini dapat masuk kembali dengan sendirinya.

3. Stadium 3 yaitu ukuran tonjolan yang keluar tadi lebih besar dan dengan gejala yang dirasakan setelah buang air besar, tonjolan wasir/ambeien ini memerlukan bantuan tangan untuk memasukannya kedalam.

4. Stadium 4, pada stadium ini tonjolan wasir/ambeien ini sebesar ukuran bola tenis, dan tonjolan wasir ini tidak bisa masuk kedalam dengan bantuan dorongan tangan dan cara mengobati wasir ini adalah dengan melakukan operasi.

Gejala yang ditimbulkan oleh wasir atau ambeien diantaranya ialah:

1. Wasir dapat mengeluarkan darah, terutama saat buang air besar, sehingga feses mengandung darah.
Lama kelamaan wasir/ambeien ini dapat mengakibatkan banyaknya kehilanggan darah.

2. Wasir akan menimbulkan rasa nyeri apabila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.

3. Kadang-kadang wasir/ambeien ini mengeluarkan lendir jadi akan menimbulkan rasa tidak nyaman, timbul perasaan bahwa ada feses yang keluar padahal itu lendir wasir/ambeien.

4. Akan menimbulkan rasa gatal dipermukaan anus, rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang keluar akan menghambat pembersihan anus secara efisien.

5. Akan menimbulkan rasa iritasi, iritas ini dapat berpotensis menjadi kanker bila tidak segera ditangani.

6. Ada yang yang mengalami rasa sakit dibagian tulang belakang bagian bawah, biasanya gejala itu di alami oleh penderita yang sudah mengalami ambeien stadium 2.

Penyebab dari wasir

1. Wasir biasanya muncul atau disebabkan oleh terlalu sering mengangkat beban yang sangat berat

2. Terlalu sering berdiri ataupun duduk.

3. Kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga.

4. Melakukan mengejan yang terlalu karena feses yang sangat keras atau konstipasi.

Faktor lain yang dapat mengakibatkan wasir/ambien adalah:

1. Obesitas

2. Kebiasaan duduk dengan jangkau yang lama dan

3. Kehamilan, dikarenakan selama kehamilan akan terjadi tekanan dari janin didalam perut dan perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh hemorrhoidal untuk membesar.

4. Proses persalinan juga dapat mengakibatkan peningkatan intra abdomen, dan menyebabkan wasir/ambeien.

Cara Menghindari Wasir


cara mencegah wasirCara mencegah agar tidak terjadi ambeien/wasir

1. Jagalah agar feses tetap dalam keadaan lunak dengan sering mengkomsumsi makanan yang berserat tinggi.

2. Seringlah melakukan olahraga seperti jalan-jalan, lari-lari kecil.
Seringlah dalam mengkomsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat seperti pepaya, pisang.

3. Minumlah air putih usahan minum air putih 8 gelas dalam sehari, dan minumlah sebelum tidur agar terhindar dari wasir.

Dan untuk mengatasi wasir secara alami tanpa operasi sahabat bisa membaca pada artikel:

Obat Tradisional Untuk Mengobati Wasir Atau Ambeien

Demikianlah seputar tentang cara mencegah terjadinya wasir, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah membaca
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Wasir - posted by Trias Enik , published at 18.48, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya