Cara Mencegah Sakit Gigi Sejak Dini

by Tri Enik Pujiati , at 16.39 , have 0 komentar
Cara Mencegah Sakit Gigi, Hai sahabat, kali ini eni akan membahas tentang info mengenai “Cara Mencegah Sakit Gigi”, tentu para sahabat pasti tidak ingin mengalami yang namanya sakit gigi, kalo eni disuruh milih mending eni kena marah sama mama timbang harus sakit gigi, nah pada kesempatan ini mari kita bahas tentang cara pencegahannya.

cara mencegah sakit gigi
Pada setiap kali Eni terserang sakit gigi Eni selalu melakukan beberapa tips kesehatan pencegahan sakit gigi berikut.

Sakit gigi sendiri adalah nyeri yang dirasakan di dalam atau disekitar gigi yang terasa saat saraf gigi teriitasi yang disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi.

Penyebab Sakit gigi dapat  di akibatkan oleh kebusukan pada gigi, infeksi gigi yang disebabkan oleh berbagai bakteri, penambalan pada gigi, perlubanggan pada gigi.

Sakit gigi yang terjadi pada paling dalam gigi disebut pulpa yang mengalami peradangan. Didalam pulpa ini terdapat serabut saraf dan juga pembuluh darah. Pulpa dapat mengalami peradangan dikarenakan

1. Kebusukan atau kerusakkan pada gigi yang menyebabkan tebentuknya rongga atau lubang di bagian permukaan gigi yang keras

2. Terjadinya keretakkan pada gigi yang diakibatkan oleh trauma yang biasanya sangant kecil sehinggga jarang  bisa dilihat oleh mata telanjang.

3. Terjadinya kerusakkan pada gigi yang ditambal atau hilangnya tambalan gigi tersebut.
Terjadinya infeksi gigi yang diakibatkan oleh bakteri.

Bila sakit gigi menyerang maka sakitnya akan luar biasa, berikut ini adalah gejala-gejala yang ditimbulkan saat sakit gigi:

1. Nyeri pada gigi, dan berdenyut, atau konstan (terus menerus). Pada beberapa orang yang mengalami nyeri gigi akan terasa lebih sakit apabila diberikan penekanan pada gigi, atau saat dilakukannya makan atau minum yang panas maupun dingin. Apabila rasa nyeri lebih dari 15 detik setelah dilakukan penekanan berarti terjadi kerusakkan yang cukup serius. Pasa sakit gigi ini dapat menjalar ke bagian pipi, telinga dan juga rahang.

2. Bengkak pada sekitar gigi, bahkan sampai pipi dan juga rahang.

3. Akan terjadi demam atau sakit kepala

4. Akan terjadi keluar darah ataupun nanah dari gigi yang terinfeksi.

Pencegahan Penyakit Gigi dan Mulut


Pencegahan yang harus di lakukan agar terhindar dari sakit gigi adalah dengan melakukan:

    mencegah sakit gigi
1. Sikatlah gigi setelah makan dan sebelum tidur, hal ini akan menghapus kotoran-kotoran yang menempel pada gigi, dan akan menghindari terjadinya pertumbuhan bakteri-bakteri pada gigi dan mulut. Sikat gigi yang benar ialah intinya hasilnya bersih, membuang kotoran kearah luar, dan tidak melukai gusi atau jaringan sekitar (gerakkan harus dilakukan dengan pelan)

2. Bersihkanlah plak, untuk membersihkan plak pada gigi dapat dilakukan dengan menyikat gigi tetapi dengan menyikat gigi kurang memberikan hasil yang memuaskan karena plak ini sifatnya keras atau pun melakukan sceling, sceling adalah perawatan gigi yang bertujuan untuk membersihkan noda-noda dari permukaan gigi yamg bersifat keras dan tidak bisa hilang dengan menggosok gigi biasa.

3. Hindari makan makanan ataupun minuman yang sifatnya manis, karena jenis makanan dan minuman ini akan bereaksi dengan plak yang terdapat pada gigi dan akan menyebabkan terjadinya gigi berlubang.

Dan untuk mengatasi masalah gigi berlubang bacalah artikel:Solusi Jitu Untuk Masalah Gigi Berlubang

4. Pencegahan dapat dilakukan secara dini yaitu dengan mengajarkan kepada buah hati agar selalu menjaga kebersihan mulut, dengan rajin menyikat gigi 2 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur, dan ajarkan juga pada buah hati agar tidak menggemari makanan yang manis misalnya:permen, dan juga coklat.

5. Pengobatan pada sakit gigi

Pada saat terasa nyeri pada gigi hal yang paling utama dilakukan ialah segera memeriksakan gigi sahabat ke dokter gigi, dokter akan memberikan obat anti nyeri dan apabila ditemukan adanya infeksi maka dokter akan menmbahkan tesepnya berupa antibiotik

Pada gigi yang berlubang memerlukan tindakan yang lebih khusus seperti penambalan gigi.
Penyuntikan obat bius lokal ini diberikan dan berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri yang hebat.
Bahkan apabila gigi sudah berlubang ataupun goyang maka harus segera dicabut untuk mencegah terjadinya kebusukan pada gigi.

Dan untuk penanganan sementara saat di rumah para sahabat bisa menggunakan obat-obatan anti nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Mencegah Sakit Gigi yang eni sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca. 
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Mencegah Sakit Gigi Sejak Dini - posted by Trias Enik , published at 16.39, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya