Cara Ampuh Mencegah Mimisan Secara Tepat

by Tri Enik Pujiati , at 20.12 , have 0 komentar
Cara Mencegah Mimisan, Pernah tidak terjadi pada buah hati para mama (mimisan), gimana perasaan mama?, tentu saja kawar bukan? penyebabnya apa aja sich kok bisa terjadi mimisan, untuk mau tahu lebih lanjutnya tentang mimisan bacalah artikel dibawah ini.

cara mencegah mimisan
Mimisan adalah keluarnya darah dari dalam hidung, bagaimana bisa mimisan dapat terjadi? Mimisan disebabkan oleh berbagai penyebab yang bermacam-macam bisa terjadi karena hal yang sederhana contohnya:

1. Tergaruk oleh kuku tangan, anak-anak sering memasukkan jarinya ke lubang hidung apabila kuku tersebut melukai permukaan yang tipis pada hidung maka akan terjadi pendarahan didalam rongga hidung yakni berupa robeknya selaput lendir yang sangat tipis di bagian dalam hidung sehingga mengeluarkan darah.

Darah mimisan akan berhenti saat darah sudah membeku, dan bisa keluar lagi saat berada dikondisi lingkungan yang bersuhu panas, contoh di luar lingkungan, beraktivitas dibawah terik matahari.

2. Penyebab lain dari mimisan yaitu terdapatnya tumor yang terdapat di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat benjolan sebasar biji buah nangka dan berwarna merah keputihan di hidung.

Beberpa faktor yang menyebabkan terjadinya mimisan

1. Temperatur yang ekstrim (perubahan temberatur suhu), seperti cuaca panas dan kering(matahari yang sangat terik), atau pun dalam cuaca yang sangat dingin, menjadikan selaput lendir menjadi kering dan mudah sekali untuk pecah.

2. Akibat benturan, atau goresan yang dapat melukai hidung

3. Adanya kelainan pada anak, namun biasanya mimisan seperti ini dapat hilang dengan sendirinya  saat usia anak bertambah, biasanya akan berhenti pada usia anak diatas 10 tahun.

4. Sering mengkomsumsi obat yang sifatnya mengencerkan darah, (obat yang mengandung asetol dan ibuprofen).

5. Kebiasaan mengorek-ngorek hidung, hal tersebut bisa menjadikan selaput lendir yang tipis tergores sehinnga mengakibatkan pendarahan.

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat


Nah, untuk para mama jangan panik saat buah hati sedang mimisan, berikut ini adalah langkah-langkah yang dianjurkan saat mimisan terjadi.

    cara mencegah mimisan
1. Suruh anak untuk duduk, agar posisi hidung lebih tinggi jari jantung, jangan anjurkan untuk tidur terlentang karena hapat mengakibatkan aliran darah masuk ke saluran dalam itu sangat berbahaya.

2. Suruh anak untuk membungkukkan badannya ke depat sedikit, dan anjurkanlah agar bernafas lewat mulut jangan bernafas lewat hidung.

3. Dan kompreslah dengan kain yang telah dicelukan pada air dingin pada hidung, hal tersebut dapat menjadikan darah akan cepat beku dan aliran darah berhenti.

4. Tekanlah bagian cuping hidung selama lima menit, dan apabila pendarahan tetap berlangsung, lakukan lagi untuk memencet cuping hidung selama 10 menit, lakukanlah hingga perdarahan berhenti, dan apabila pendarahan tak luga bisa berhenti maka segera larikan buah hati para mama ke dokter, karena darah telah terlalu banyak dikeluarkan.

5. Daun sirih bisa membantu untuk mengecilkan pembuluh darah dan dapat menghentikan pendarahan, ambillah satu helai daun sirih, dan bersihkan remaslah daunnya dan gulung seperti corong lalu sumatkan ke hidung buah hati,mama.

Cara mencegah agar mimisan tidak terjadi

1. Lakukan gerakan peragangan secara teratur agar semua otot-otot, persendian dan juga pembuluh darah elastis serta kendur dan tidak kaku sehingga pembuluh darah tidak mengecil dan tidak mudah pecah.

2. Jangan gunakan es, mengapa es tidak boleh diminum saat terjadi mimisan?, karena semua pembuluh darah akan mengalami penyusutan.

Bukannya bagus pembuluh darah dapat menyurut saat terjadi mimisan kareana darah akan cepat berhenti, hal tersebut sangat tidak bagus dan juga benar saat menggunakan es pembuluh darah akan menyusut dan mengecil dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan pada tekanan darah dan akan menimbulkan pecahnya pembuluh kapiler.

Demikianlah seputar tentang cara mencegah dan menangani mimisan pada buah hati, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Mencegah Mimisan Secara Tepat - posted by Trias Enik , published at 20.12, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya