Cara Ampuh Mencegah Magg

by Tri Enik Pujiati , at 19.23 , have 0 komentar
Cara Mencegah Maag, Hai sahabat, sahabat pernah tidak mengalami maag, maag apabila menyerang akan memberikan rasa yang tidak nyaman, dan gimana sich menangani saat maag kambuh, kali ini eni akan membahas tentang seputar cara mencegah mag, untuk tahu lebih lanjut tentang mag itu apa bacalah artkel dibawah ini.

cara mencegah maagPenyakit maag disebut sebagai radang lambung atau tukak lambung, jadi sakit mag adalah rasa perih dan juga kembung pada daerah lambung akibat adanya peradangan, luka serta naiknya produksi asam lambung.

Maag dibagi menjadi dua yaitu:

1. Maag akut adalah inflamasi dari lambung, dan biasanya ditandai dengan ketersediaannya mukosa lambung yang terbatas, maag akut ini bisa terjadi tanpa diketahui adanya penyebabnya.

2. Maag kronis pada maag kronis ini mungkin terjadi karena adanya inflamasi maag kronis dari tipe gangguan tertentu, yang bisa mengakibatkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Gejala-gejala dari maag ini meliputi:

1. Rasa mual

2. Nyeri di ulu hati

3. Kembung

4. Muntah

5. Rasa penuh diperut atau cepat kenyang

6. Sering bersendawa

Jenis maupun derajat keparahannya sangat beragam. Sekitar 15-30% orang dewasa pernah mengalami gejala maag ini.

Penyebab dari maag

1. Organik yaitu gangguan pada orgam dalam tubuh, seperti ulcuc pepticum (luka oada lambung) dan pancreatitis (radang pada pankreas)

2. Fungsional yaitu gangguan yang terjadi selam sedikit 12 minggu. Diketahui oleh dokter setelah melalui pemeriksaan klinis dan laboratorium.

3. Tanpa sebab yang jelas

4. Biasanya maag terjadi dikarenakan suka telat makan segingga produksi asam lambung meningkat.

5. Sakit mag juga dapat disebabkan oleh terlalu sering  mengkomsumsi makanan tertentu seperti kopi, minuman yang beralkohol, makanan yang banyak mengandung lemak, mag juga dapat disebabkan oleh stres banyaknya tekanan dalam pikiran, terjadi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri.

6. Helicobacter pylori, dan obat-obatan pereda nyeri dan juga antiperadangan seperti (parasetamol, ibuprofen, natriun diklofenak).

7. Maag secara medis ini lebih dikaitkan dengan naiknya produksi asam lambung. Juga terjadinya gangguan sel-sel yang melapisi bagian dalam lambung dan usus dua belas jari. Setiap kali produksi asam lambung berlebih dan kerusakan pada permukaan sel juga meningkat akan mengakibatkan terjadinya iritasi yang dapat menimbulkan rasa nyeri.


Cara Mencegah Penyakit Maag


cara mencegah maagCara mengatasi dan cara mencegah maag, diantaranya:

1. Dispepsia organik, organ yang mengalami gangguan harus segera ditangani. Bahkan, bila terjadi apabila sudak mengalami keparahannya harus segera dilakukannya operasi.

2. Dispepsia fungsional, dengan memperbaiki pola hidup dengan selalu makan yang teratur dan tepat waktu mencegah produksi asam lambung yang berlebih, mengurangi kebiasaan mengkomsumsi kopi, mengurangi makanan yang pedas, tidak mengkomsumsi alkohol, tidak mengkomsumsi obat-obatan pereda nyeri dan juga radang, dan mencegah terjadinya stres.

Cara mengobati maag dengan tradisional

1. Daun jambu biji

Selain dapat mengatasi masalah sariawan, diare, sakit perut, jambu biji juga bisa mengatasi masalah sakit mag.

Caranya membuat ramuan dari daun jambu biji, 8 lembar daun jambu biji yang masih segar cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 1,5 liter air hingga mendidih. Setelah dingin saring ramuan tersebut dan minum, minulah secara rutin yaitu 3x sehari.

2. Temulawak

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa temulawak memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa mengobati sakit mag.

Caranya membuat ramuan dari temulawak, 1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan diamkan sebentar, kemudian rebuslah dengan 5-7 gelas air sampai mendidih, setelah dingin saring ramuan tersebut. Minumlah 1 gelas dalam sehari.

3. Daun salam

Daun salam biasanya digunakan sebagai bumbu masakan seperti pepes, tumis tumisan, masakan bersantan. Tetapi kali ini kita akan membahas tentang kegunaan daun salam sebagai obat sakit mag. 

Caranya membuat dari daun salam, 15-20 daun salam cuci hingga bersih rebus dengan air sampai mendidih tambahkan gula batu secukupnya untuk memberikan rasa nikmat. Minumlah setiap hari sampai rasa penuh didalam perut hilang.

Demikian sekilas tentang seputar cara mencegah dan mengobati mag, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Mencegah Magg - posted by Trias Enik , published at 19.23, categorized as penyakit , tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya