Cara Jitu Mencegah Insomnia

by Tri Enik Pujiati , at 23.51 , have 0 komentar
Cara Mencegah Insomnia, Pada umumnya kebutuhan seseorang dalam mencukupi tidur tidaklah sama, tidak saja akan menjadi semakin berkurang seiring dengan perjalanan ataupun bertambahnya usia seseorang, akan tetapi juga dapat dikarenakan oleh pola atau lamanya tidur yang dibutuhkan oleh setiap orang sangatlah bervariasi (bisa dapat dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang dialami oleh seseorang atau juga dapat dipengaruhi oleh keadaan –keadaan yang sedang dialami ataupun dihadapi).

cara mencegah insomnia

Tidur kurang 6 jam semalam, umumnya mengakibatkan gejala deprivasi (kurang) tidur, dan kelebihan tidur juga dapat mengakibatkan tidur yang tidak menyenangkan dan dapat mengakibatkan rasa letih di siang hari.

Tahap Pertumbuhan Kebutuhan Tidur

Bayi                          13-16 jam

Anak-anak                8-12 jam

Dewasa                      6-9 jam

Lanjut Usia               5-8 jam

Tidur itu sendiri adalah keadaan hilangnya kesadaran secara normal dan periodik. Dengan tidur maka tubuh akan mendapat kesempatan untuk beristirahat dan juga memulihkan kondisi tubuh baik secara fisiologis maupun psikologis.

Fungsi dari tidur itu sendiri diantaranya, ialah:

1. Memperbaiki keadaan fisiologis dan psikologis

2. Melepaskan stres dan keteganggan

3. Memulihkan keseimbangan alami di antara pusat-pusat neuron

4. Memperbaiki proses biologis dan memelihara fungsi jantung

5. Dan secara tradisional ialah dipandang sebagai waktu untuk memperbaiki dan menyapkan diri saat waktu setelah bangun.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tidur ialah:

Faktor fisik meliputi:

1. Penyakit seseorang yang mengalami sakit memerlukan kebutuhan tidur yang sangat lama dari keadaan normalnya, namun biasanya keadaan sakit dapat mengakibatkan seseorang tidak dapat tidur, misalnya seseorang dengan gangguan pernafasan seperti asma, dan penyakit jantung dan lain-lain

2. Kelelahan dapat mengakibatkan pola tidur, seseorang dengan kelelahan tingkat menengah orang dapat tidur dengan nyenyak, kelelahan tingkat sedang dan berlebih mengakibatkan priode tidur REM (periode yang sangat hidup karena mimpi penuh dengan warna), lebih pendek.

3. Nurisi, makanan yang banyak mengandung L-Triptofan, seperti keju, susu, daging dan ikan tuna dapat mempercepat terjadinya tidur.
Faktor psikologis 

meliputi:depresi, kecemasan, ketakutan dan tekanan jiwa
serta motifasi, motivasi dapat mempengaruhi dan juga dapat menimbulkan keinginan untuk tetap bangun dan menahan tidak tidur sehingga dapat mengakibatkan gangguan dalam tidur.

Faktor lingkungan meliputi:

Lingkungan dapat mempengaruhi tidur dapat meningkatkan ataupun menghalangi seseorang untuk tidur, pada lingkungan yang tenang mungkin seseorang dapat tidur dengan nyenyak ataupun sebaliknya.

Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur

cara mencegah insomniaGangguan-gangguan dalam tidur, salah satunya ialah insomnia

Insomnia atau susah tidur adalah: ketidak mampuan seseorang untuk mencukupi kebutuhan tidur baik kwalitas maupun kuantitasnya.
Adapun pencegahan yang dapat dlakukan agar tidak terjadi insomnia diantaranya ialah;

1. Hindari cahaya saat tidur

Cahaya dapat mempegaruhi akan tidur karena cahaya dapat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Tipsnya ialah matikan TV, komputer, sebelum tidur.

2. Hindari menatap jam

Jika sahabat lakukan selalu menatap jam saat terjadi kesusahan tidur maka sahabat akan menjadi kawatir akan berapa sisa waktu sahabat untuk tidur.

3. Olahraga yang teratur

Olahraga secara teratur sangat membuktikan dapat meningkatkan kualitas akan tidur, energi yang didapat setelah melakukan olahraga dapat menjadikan tidur sahabat menjadi berkualitas.

4. Hindari rokok

Kandungan dari rokok salah satunya ialah nikotin yang merupakan sebuah stimulasi, yang akan mengakibatkan kesusahan tidur atau insomnia.
Selalu relaksasikan pikiran saat memulai tidur

Merileksasikan pikiran menjadikan tubuh tenang dan saraf-saraf yang tadinya bekerja sepanjang hari akan istirahat akan menjadikan sahabat cepat tidur.

Apabila sahabat mengalami insomnia biasanya ada sesuatu pikiran  yang sahabat pikirkan dan untuk mengatasinya sahabat bisa membaca:3 Penyebab Dan Cara Mengatasi stres Secara Mudah

Demikianlah tips kesehatan dalam artikel ini semoga artikel ini bermanfaat, terimakash telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Jitu Mencegah Insomnia - posted by Trias Enik , published at 23.51, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya