Penjelasan Serta Cara Pencegahan Influenza Secara Tepat

by Tri Enik Pujiati , at 17.25 , have 0 komentar
Cara Mencegah Influenza, Hai para sahabat.?, tentu para sahabat pernah dong mengalami flu atau influenza pada blog kali ini, eni akan membahas tentang “Cara Mencegah Influenza”, untuk lebih lanjutnya baca Artikel dibawah ini.

fluCara Mencegah Influenza, Influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza, virus ini dapat menyebar dengan cepat melalui paparan udara disekitar, influenza ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga oarang dewasa.

Akan tetapi anak-anak memiliki resiko lebih tinggi terkena flu di bandingkan orang dewasa, mengapa demikian..?, dikarenakan sel imun atau kekebalan tubuh anak-anak lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa, virus influenza ini menyerang bagian sistem pernafasan seperti: hidung, tenggorokan, dan paru-paru.


Gejala-gejala yang ditimbulkan ini beragam antara lain :

1. Ada  yang tingkatnya ringan (tidak berbahaya)

2. Berat ( cukup parah)

3. Bahkan sampai menyebabkan kematikan.

4. Masa dari inkubari virus influenza ini adalah dua hari sedangkan infeksinya berlangsung selama satu minggu.

Gejala-gejala utama dari influenza ini antara lain:

1. Menggigil

2. Demam tinggi (> dari 380c)

3. Sakit pada tenggorokan

4. Sakit kepala

5. Nyeri sendi dan otot (terutama punggung, tangan dan kaki)

6. Pusing/sakit kepla

7. Batuk (batuk kering)

8. Pilek, bersin dan

9. Tubuh terasa letih
.
Seseorang yang sering kontak langung dengan penderita influenza, atau orang yang tinggal dengan lingkungan yang kurang bersih adalah seseorang yang memiliki resiko tinggi komplikasi terhadap infuenza. Baca juga :Cara Tepat Mengatasi Diare Dengan Larutan Oralit

Pada musim hujan dan kondisi cuaca yang tidak menentu merupakan musim paling sering terkena serangan virus influenza ini, karena sel imun tubuh seringkali berkurang kemampuannya, dikarenakan sudah digunakan untuk melawan rasa dingin yang melanda. Kemungkinan inilah yang kemudian virus jahat influenza menyerang.

Cara Mencegah Influenza Dengan Mudah

Ada beberapa Cara  pencegahan Influenza yang dapat di lakukan antara lain:

1. Mengatur pola hidup yang sehat, dengan menjaga pola hidup secara sehat kita dapat terhindar dari virus influenza, seperti makan makanan yang sehat dan juga bergizi.

2. Rajin berolahraga,

3. Beristirahat yang cukup dan

4. Melakukan vaksinasi virus influenza, para ahli menyarankan diperkenakan untuk melakukan vaksinasi setiap tahun, dikarenakan kemampuan virus flu ini berubah sehingga menjadi resisten.

Efektivitas vaksinasi dalam mencegah penyakit flu ini bisa mencapai antara 70-90%.
Seseorang yang dianjurkan untuk melakukan vaksinasi meliputi:

1. Orang hamil

2. Anak-anak

3. Orang yang mengalami penyakit tenrtentu, seperti penyakit HIV, asma, diabetes, jantung, paru-paru dan orang tua terutama yang usianya lebih dari 65 tahun keatas.

Dan ada pula seseorang yang tidak boleh diberikan vaksinasi flu diantaranya bayi berusia 6 bulan kebawah, seorang yang memiliki aleergi terhadap telur dan produk olahannya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah penularan influenza, adalah:

1. Rajinlah mencuci tangan, gosok-gosok tangan bagian dalam, luar sampai pergelangan tangan dengan sabun selama 15 detik, lalu bilas dengan air mengalir

2. Hindari berpaparan secara langsung dengan seseorang yang menderita flu. Karena penyakit flu ini adalah penyakit yang mudah sekali menular lewat udara terutama saat penderita sedang bersin atau batuk. Dan saran untuk penderita flu sebaiknya menggunakan masker saat flu, tutuplah mulut saat bersin atau batuk,dan selalu membuang tisu bekas pakai ingus pada tempat sampah jang buang sembarangan.

3. Flu juga dapat menular lewat kontak langsung (bersentuhan) tangan dengan penderita flu, oleh karena itu penting buat kita untuk selalu rajin mencuci tanggan dengan sabun agar membunuh kuman-kuman yang menempel pada tangan kita.Virus flu ini tidak hanya bisa masuk ke dalam kita lewat hidung melainkan bisa lewat mulut dan mata, oleh sebab itu janganlah menggosok-gosok mata dan hidung isehabis kontak langsung dengan penderitaa flu itu dapat mencegah penularannya

4. Jika para sahabat terserang flu sebaiknya banyak-banyaklah beristirah dan meminimalkan penularan virus flu kepada orang lain.

Beberapa kasus seseorang yang terkena influenza dapat sembuh secara sendirinya selama satu atau dua minggu tanpa ada pengobatan  atau perawatan medis, saat terkena flu hal yang paling utama dilakukan adalah istirahat agar kekebalan dalam tubuh bisa melawan virus-virus jahat influenza.

Demikianlah penjelasan tentang”Cara Mencegah Influenza”, diharapkan semoga Artikel ini bermanfaat, terimakasih telah membaca, salam untuk para sahabat.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Penjelasan Serta Cara Pencegahan Influenza Secara Tepat - posted by Trias Enik , published at 17.25, categorized as penyakit , tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya