Cara Memelihara Kesehatan Gigi Dan Juga Mulut

by Tri Enik Pujiati , at 04.23 , have 0 komentar
Cara memelihara kesehatan gigi dan mulut, memelihara akan kesehatan gigi dan mulut memang sangat dianjurkan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan gigi.

Gigi memiliki fungsi sebagai pelembut makanan yang pertama kali masuk melalui mulut, setelah makanan lembut proses pencernaan selanjunya ialah makanan akan masuk kedalam kerongkongan dan selanjutnya diporoses dalam lambung setelah proses terjadi makanan selanjutnya akan menuju usus halus, usus besar, rectum dan terakhir sisa-sisa makanan yang telah diserap oleh tubuh akan dibuang lewat anus dalam bentuk feses.

Apabia terjadi masalah kesehatan pada gigi dan mulut ini akan menghambat system pencernaan, masalah kesehatan gigi dan mulut misalnya seperti gigi berlubang, gigi kropos, gigi kuning, bau mulut, sariawan dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi para sahabat agar selalu menjaga akan kesehatan gigi dan mulut, karena memiliki mulut dan gigi yang sehat merupakan akan mendapatkan system pencernaan yang sehat pula.

Disini Eni akan berbagai tips mengenai cara memelihara kesehatan gigi dan mulut.


cara memelihara kesehatan gigi dan mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut


1. Melakukan flossing sebelum menyikat gigi

Flogging adalah tindakan membersihkan gigi dengan mengunakan benang gigi, flogging ini dapat membersihkan sisa-sisa makanan hingga sela-sela gigi.

2. Sikat gigi

Hal ini adalah cara yang paling mudah agar sahabat memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi, gosoklah gigi sahabat 2 kali dalam sehari setelah makan dan sebelum menjelang tidur. 

Fungsi dari mengosok gigi adalah mengakat sisa-sisa makanan yang melekat di permukaan gigi, adapun cara mengosok gigi adalah:

Letakkanlah sikat gigi sekitar 45 derajat dipermukaan gusi, gerakkan sikat dari arah gusi ke bawah pada rahang atas dan sebaliknya serakkan sikat keatas untuk rahang bawah. 

Kemudian gerakkan sikat gigi memutar secara perlahan pada permukaan gigi, sikar bersih permukaan gigi, sikat juga gigi graham atau permukaan yang dibuat mengunyah makanan dari arah depan kebelakan. Serta jangan lupa sikat lidah agar makanan yang menempel pada lidah bisa hilang.

Gantilah sikat gigi 3 bulan sekali, karena sikat gigi yang terlalu lama akan mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang berkembang pada sikat.Aturlah kadar keasaman

3. Hindari makanan yang mengandung banyak kadar keasaman

Kadar keasaman dari makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi, dan makanan yang memiliki kadar keasaman yang tinggi terdapat pada kopi, susu, bawang putih, bawang merah, makanan yang pedas dan berlemak.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk para sahabat agar dapat menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung kadar keasaaman yang tinggi untuk mencegah gangguan pada kesehatan gigi dan juga mulut.

Baca juga:12 Cara Menjaga Kebersihan Dan Kesehatan Gigi Dan Mulut

4. Perhatikan akan makanan

Hindari makanan yang terlalu manis dan juga lengket, untuk memelihara kesehatan mulut dan juga gigi agar selalu terjaga dengan baik dan juga sehat.

Sahabat harus menghindari atau mengurangi makanan yang terlalu manis dan juga lengket, karena apabila makanan ini melekat pada permukaan gigi akan memicu timbulnya bakteri asam yang akan membentuk gigi yang berlubang, dan buah stroberry ini dapat membuat gigi menjadi putih secara alami.

5. Konsultasikan kesehatan gigi pada dokter gigi

Sebagian orang akan merasa malu apabila harus pergi ke dokter gigi, malu karena kesehatan giginya kurang baik, malu karena giginya berlubang dan juga giginya berkarang.

Tetapi memang sangat penting untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan gigi sahabat ke ahlinya yaitu dokter gigi, lakukanlah tindakan ini secara rutin yaitu 6 bulan sekali untuk melakukan konsultasi kesehatan gigi.

Demikianlah beberapa tips kesehatan cara memelihara kesehatan gigi dan mulut, dan semoga aratikel yang Eni tulis ini dapat bermanfaat untuk para sahabat, dan terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Memelihara Kesehatan Gigi Dan Juga Mulut - posted by Trias Enik , published at 04.23, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya