Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar Dan Aman

by Tri Enik Pujiati , at 16.02 , have 1 comment
Cara memandikan bayi baru lahir yang benar, bayi memang belum bisa melakukan secara mandiri tentunya, maka oleh itu kita sebagai orang tua harus memenuhi akan kebutuhan bayi, bayi memang masih sangat rentan terhadap penyakit karena bayi masih memiliki kekebalan tubuh yang masih lemah.

Untuk menghindari segala penyakit tentunya kita sebagai orang tua harus memperhatikan akan kebersihan pada bayi, salah satu cara untuk menjaga kebersihan pada bayi adalah dengan memandikan bayi secara benar.

Dan mandikan bayi ini memerlukan akan kehati-hatian dan juga ilmu yang benar, karena bayi masih memiliki tulang-tulang yang masih belum cukup kuat. Oleh karena itu untuk para ibu baru bisa mengikuti kursus memandikan bayi sebelum menjelang melahirkan bayi.

cara memandikan bayi baru lahir yang benar

Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Adapun cara memandikan bayi baru lahir yang benar, adalah sebagai berikut:

1. Siapkan terlebih dahulu peralatan mandi bayi, seperti:air hangat dengan ukuran 36-37oC dan untuk memastikan kembali periksalah suhu air panasnya pada kulit para mama, sabun bayi, shampo, waslap, pakaian ganti bayi yang disiapkan terlebih dahulu sebelum mau mandi, serta siapkan juga handuk yang memiliki tektur yang lembut untuk kulit bayi.

2. Bukalah pakaian bayi secara perlahan-lahan, basahi seluruh badan bayi dengan air hangat, mulai dari kepela, hingga ujung kaki bayi.

3. Tuangkan shampoo pada rambut bayi dan usap dengan lembut permukaan kepala bayi. Dan jangan lupa juga untuk memberihkan bagian telinga bayi, lipatan-lipatan leher bayi, serta kelopak mata bayi dengan mengosok secara lembut mengunakan waslap, tapi perlu di ingat untuk para mama dalam membershkan kelopak mata bayi jangan sampai terkena sabun, jika terkena sabun mata bayi akan merasa perih.

Sebaiknya pilihlah sabun bayi yang memiliki formal Ph balance agar sabun tidak pedih jika terkena mata.

Baca juga artikel:Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Anak Bayi

4. Selanjutnya sabunlah permukaan tubuh bayi secara lembut dengan mengunakan waslap, topang bagian leber dan pundak bayi, jangan terlalu menyabuni bayi dengan bayak busa, karena dapat menjadikan kulit bayi menjadi kering karena kandungan deterjen yang terdapat dalam sabuh bayi.

5. Untuk daerah kelamin bayi, untuk jenis bayi permpuan bersihkan alat kelamin dari depan kebelakang, dari vulva ke anus, dan untuk bayi yang belum disunat hanya cukup bersihkan bagian luarnya saja. Dan jangan lupa juga untuk membersihkan zakarnya atau skrotumnya.

6. Selanjutnya bilas seluruh permukaan tubuh bayi dengan menggunakan air hangat yang bersih, dan segera handuki tubuh bayi untuk mencegah kedinginan.

7. Langkah selanjutnya ialah memakaikan bayu ganti bayi, jangan jangan lupa agar menaruh lipatan popok d bawah daerah tali pusat. Dan untuk merawat tali pusat bayi gunakanlah alcohol 70 % untuk menjaga kebersihan tali pusat bayi.

Beberapa yang harus diperhatikan oleh para mama, diantaranya

1. Hindari memandikan bayi setelah bayi baru selasai menyusu, tunggulah bayi beberapa saat untuk menunggu perut bayi menyesuaikan dengan asupan nutrisi yang baru saja masuk dalam tubuhnya.

2. Hindari memandikan bayi yang baru bangun tidur, hal ini dapat menjadikan bayi merasa kaget bila terkena air, tunggulah beberapa saat.

3. Dan jangan khawatir jika bayi merasa tidak nyaman dan selalu meronta ketika mandi, hal ini sangat normal, hal tersebut adalah sitimulasi yang dapat dikondisiskan saat memandikan bayi.

4. Beberapa bayi akan tidur lebih lama setelah dimandikan, karena bayi merasa sehar dan bersih badannya.

Demikianlah seputar mengenahi cara memandikan bayi baru lahir yang benar, semoga artikel ini dapat mama jadikan referensi dalam ilmu mandikan bayi, dan terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar Dan Aman - posted by Trias Enik , published at 16.02, categorized as dunia baby . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Unknown
good job...




yukk pakai kaos berlabel positif di
Kaos Keluarga Muslim
Reply Delete
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya