Cara Ampuh Mengatasi Kembung Masuk Angin Pada Bayi

by Tri Enik Pujiati , at 16.13 , have 0 komentar
Cara mengatasi kembung pada bayi, sang bunda tentu akan merasa khawatir jika sang buah hati rewel, untuk itu segera cek terlebih dahulu pada keadaaan tubuh bayi jangan-jangan sang buah hati perutnya kembung.

cara mengatasi kembung pada anak


Perut kembung sangat sering terjadi pada buah hati terutama pada musim penghujan dikarenakan suhu udara yang sangat dingin, kembung terjadi dikarenakan banyak sekali gas yang terdapat dalam perut.

Biasanya kembung terjadi dikarenakan bayi terlalu banyak sekali menelan udara, udara masuk biasanya saat bayi menetek atau saat mengunakan dot yang memiliki putting yang terlalu besar sehingga memudahkan udara masuk kedalam perut, bay yang terlalu banyak menangis atau rewl akan memudahkan udara masuk karenan mulut terbuka. Bayi yang normal akan mengeluarkan gas 12-21 kali dalam sehari.

Efek samping dari perut kembung yang dialami bayi, diantaranya ialah:

1. Bayi akan lebih mudah rewel

2. Bayi akan mengalami kesulitan tidur dikarenakan perut yang tidak nyaman

3. Bayi akan sering bersendawa

4. Bayi akan sering kentut

5. Bayi akan mengalami kram pada perut dan

6. Bayi akan mengalami permukaan perut yang terasa keras.

Efek dari kembung diatas tentu akan menjadikan para bunda khawatir, untuk itu mari kita bahas bersamam cara penanganan perut kembung pada bayi

Cara Mengobati Kembung Pada Anak 


1. Gosoklah bagian perut bayi

Pada saat sang buah hati kembung, langkah pertama yang bisa bunda berikan adalah mengosok-gosok bagian perut bayi dengan lembut mengunakan minyak telon supaya permukaan perut bayi menjadi hangat.

Baca juga artikel:Cara Ampuh Mencegah Mimisan Secara Tepat

2. Menepuk punggung bayi

Menepuk punggung bayi setelah selesai menyusui adalah langkah yang sangat disarankan untuk mengeluarkan udara yang ikut masuk bersama saat menyusui dan mencegah agar bayi tidak mengalami kembung.

3. Berikkan air hangat

Saat sang buah hati bunda dapat memberikan cairan yang hangat atau bunda juga dapat memandikan buah hati dengan mengunakan air hangat, hal ini dapat merilekskan tubuh bayi dan menghilangkan kembung yang dialami bayi.

4. Sendawakan bayi

Menyendawakan bayi sangat dianjurkan setelah selesai menyusu dengan tujuan untuk mengeluarkan udara yang masuk pada perut, caranya taruh badan bayi seperti posisi berdiri letakkkan kepala bayi pada pundak bunda dan tepuk pungggung bayi, hingga terdengan bayi bersendawa.

5. Lakuakan terapi latihan aktif

Melakukan terapi gerakan-gerakkan untuk menhindari perut kembuh, bunda dapat melakukan dengan cara baringkan buah hati dan pegang bagian kaki ketuk kaki bayi kedepan dan kemudian luruskan kembali, lakukan secara perlahan-lahan hal ini dilakukan untuk mencegah agar gerakan usus meningkat dan mempermudahkan bayi untuk buang angin.

6. Berikan nutrisi yang tepat

Jangan terlalu membuat sang buah hati kekenyangan, dikarenakan dengan bayi kekenyangan dapat mengakibatkan perut menjadi begah dan akan memicu timbulnya kembung, berikan makanan dalam porsi yang tepat untuk buah hati.

7. Berikan dot yang sesuai ukuran

Jangan berikan dot yang memiliki ukuran putting yang terlalu besar, dikarenakan hal tersebut dapat menjadikan udara masuk dengan mudah kedalam perut yang mengakibatkan perut kembung.

8. Mengatasi  kembung pada bayi dengan menggunakan ramuan dari bumbu dapur

Saat sang buah hati mengalami kembung sahabat bisa menggunakan ramuan yang berasal dari bumbu dapur, sehingga sangat tidak membuat repot dan membuat khawatir saat sang buah hati mengalami kembung.

Caranya siapkan 3 siung bawang merah dan potong-potong, campurkan dengan larutan minyak kayu putih kemudian oleskan secara merata pada permukaan perut bayi, dan juga punggung hingga telapak kaki bayi, ramuaan ini sudah digunakan dari nenek moyang dan diturun-temurunkan hingga saat ini untuk mengatasi perut kembung pada bayi.

9. Menaruh handuk hangat pada perut bayi

Saat bayi mengalami perut kembung, bunda dapat mengkompreskan handuk hangat pada perut bayi, untuk membuat permukaan perut menjadi hangat dan memudahkan bayi untuk buang angin.

10. Hindari pemakaian susu formula

Susu memang nurtisi yang sangat penting yang dibutuhkan oleh bayi, akan tetapi ada beberapa produk susu formula yang dapat menjadikan perut buah hati menjadi kembung untuk itu sangat disarankan untuk ibu agar menggunakan ASi saja untuk mencukupi nutrisi buah hati.

Demikian artikel ini Eniy buat semoga dapat bermanfaat terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Mengatasi Kembung Masuk Angin Pada Bayi - posted by Trias Enik , published at 16.13, categorized as dunia baby . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya