Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Cegukan Pada Bayi

by Tri Enik Pujiati , at 16.54 , have 1 comment
Cara mengatasi cegukan pada bayi, sang kecil mengalami cegukkan, biasanya bunda akan mengalami kekhawatiran, pada orang dewasa mengatasi cegukan hanya dilakukan menahan nafas untuk beberapa detik cegukan akan hilang, dan apabila teknik itu dilakukkan pada sang bayi tentu akan sangat bahaya.

cara mengatasi cegukan pada bayi


Untuk itu pada pertemuaan kali ini Eniy akan berbagi informasi mengenahi cara mengatasi cegukkkan pada bayi, sebelum kita bahas penanganan cegukan kita bahas terlebih dahulu apa itu cegukkkan dan penyebab dari cegukan pada bayi.

Cegukan adalah suatu kondisi  yang tidak menyenangkan baik pada orang dewasa maupun orang dewasa, cegukkan pada bayi terjadi karena ada udara yang ikut masuk kedalam perut sehingga menyebabkan cegukan.

Penyebab dari cegukan pada bayi biasa terjadi, dikarenakan oleh:

1. Teknik menyusui yang salah

Teknik menyusui yang salah misalnya terjadi dikarenakan puting tidak masuk secara sempurna kedalam mulut bayi, sehingga sangat mudah udara ikut masuk kedalam mulut, dan untuk para bunda yang memberikan teknik menyusui dengan menggunakan dot, permukaan puting dot yang terlalu lebar sehingg memudahkan udara masuk kedalam mulut, untuk itu disarankan bag para bunda untuk memilih dot yang tepat yang pas dengan mulut sang bayi.

2. Bayi sedang mengalami stress

Sang bayi mengalami stress dan selalu rewel, biasanya akan mengalami cegukkan, untuk itu bunda ingat adanya suatu hal yang membuat sang kecil menjadi stress.

3. Penurunan suhu ekstrim

Penurunan suhu yang terlalu ekstrim dapat mengakibatkan bayi mengalami cegukan, permukaan tubuh sang bayi terasa dingin, hal ini dapat menyebabkan timbulnya cegukkkan pada bayi.

Dan apabila cegukkkan pada bayi dibiarkan saja tanpa ada tindak lanjut, maka akan menjadikan bayi menjadi:

1. Bayi akan mudah rewel

2. Bayi akan mudah sekali muntah atau gumoh

3. Bayi akan mudah batuk-batuk

4. Bahkan bayi akan sangat sulit dikendalikan.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi


Dari beberapa efek yang ditimbulkan cegukan yang tidak ada penanganan lebih lanjut diatas tentu membuat sang bunda menjadi khawatir, untuk itu mari kita bahas cara mengatasi cegukanan pada bayi.

Saat sang buah hati mengalami cegukkkan bunda jangan langusung khawatir, tetaplah tenang dan akukan beberapa teknik dibawah ini untuk memberikan pertolangan:

1. Tepuk-tepuk punggung bayi

Saat sang kecil mengalami cegukkan, pertolongan pertama yang bisa sang bunda lakukan ialah menepuk-nepuk dengan pelan pada bagian punggung bayi, gendong bayi dengan posisi berdiri, letakkkan kepala bayi pada pundak sang bunda kemudian tepuk-tepuk secara perlahan punggung bayi, tepuk hingga bayi sendawa.

2. Ubah posisi menyusui

Apabila posisi sang bunda salah saat menyusui sang kecil akan meningkatkan udara masuk kedalam mulut bayi dan dapat mengakibatkan cegukkkan, segera perbaiki posisi menyusui diharapkan udara tidak masuk kedalam perut bayi yang dapat menyebabkan cegukan.

Baca juga artikel:Cara Ampuh Mengatasi Kembung Masuk Angin Pada Bayi

3. Pijat lembut ounggung bayi

Dengan melakukan teknik ini dapat memberikan rasa pada bayi merasa tenang dan juga rileks, sehingga cegukan yang dialami bayi akan segera hilang.

4. Sendawakan bayi

Lakukan teknik menyendawakan bayi saat selesai menyusui bertujuan untuk mengeluarkan udara yang ikut masuk kedalam perut yang dapat mengakibatkan cegukan.

Demikian beberapa ulasan mengenahi cara mengatasi cegukan pada bayi, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para bunda dalam mengatasi masalah cegukan pada sang buah hati, dan untuk para bunda yang memiliki pengalaman lain dengan sang buah hati share juga ya, biar yang belum tahu menajdi tahu, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Cegukan Pada Bayi - posted by Trias Enik , published at 16.54, categorized as dunia baby . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Tara
Cegukan yang bahasa Inggrisnya adalah hiccup atau yang dalam bahasa medisnya disebut singultus adalah kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menit. Memang, penyebab cegukan biasanya bersifat ringan dan gejala tesebut hanya muncul dalam beberapa menit saja. Namun ada beberapa kasus cegukan dapat berlangsung beberapa hari. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, namun dalam beberapa kasus cegukan tidak bisa dibiarkan hilang dengan sendirinya.
Reply Delete
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya