6 Manfaat Buah Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

by Tri Enik Pujiati , at 23.38 , have 0 komentar
Manfaat Buah Jambu Biji Merah, Pasti para sahabat tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, jambu biji merah atau dengan bahasa latin Psidium guajava.

Buah jambu biji merah ini tersebar luar di benua Asia termasuk di Indonesia, jambu biji merah ini memiliki perpaduan rasa asam dan manis. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam jambu biji merah ialah minyak atsiri, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asan guajaverin, asam oleanolat, berta banyak lagi kandungan citamin lainnya. Jambu biji merah ini kaya dengan vitamin yang banyak bermanfaat bagi tubuh.

manfaat buah jambu biji merahArtikel Jambu Biji Merah

Salah satu manfaat jambu biji merah bagi kesehatan, ialah:

Mencegah kangker

Jambu biji merah ini dapat mencegah kanker dikarenakan buah jambu biji merah ini dikenal sebagai buah yang rendah akan kalori serta lemak, akan tetapi jambu biji merah juga kaya akan vitamin mineral yang penting didalamnya.

 Selain itu juga buah ini juga mengandung senyawa antioksidan poli-fenolik serta flavonoid yang mampu mencegah pertumbuhan kanker.

Menjaga fungsi syaraf dan juga otak

Kandungan lain yang terdapat pada buah jambu biji merah ialah vitamin B3 dan B6, vitamin B3 yang berfungsi dapat menjaga fungsi otak dan juga syaraf, sedangkan vitamin B6 yang dikenal sebagai pyridoxine yang berfungsi sebagai meningkatkan aliran darah serta memberikan nutrisi yang penting bagi otak dan fungsi syaraf.

Penangkal radikal bebas

Buah biji merah mengandun vitamin C, yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, selain mengandun vitamin C jambu biji merah juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan daya tahan tubuh.

Melancarkan sistem pencernaan

Buah jambu biji merah ini terkenal kaya akan serat. Didalamnya terkandung serat sekitar 14% dari DRA atau 5,4 g/100 g buah, yang berfungsi dapat membantu dalam masalah melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu juga dapat berfungsi sebagai pelindung membran mukosa usus. Yaitu dapat mengurangi efek buruk dari berbagai macam racun dan meningkatkan berbagi bahan kimai yang terdapat usus besar yang diyakini sebagai penyebab kanker.

manfaat buah jambu biji merah
Menurunkan berat badan

Jambu biji sangat berguna untuk menurunkan berat badan, oleh itu para sahabat yang mempunyai masalah dengan berat badan dapat mengkomsumsi buah biji merah ini sebagai solusinya, dengan kandungan protein, vitamin dan serat, mineral dan tidak mengandung kolestrol dan kabohidrat yang sulit untuk dicerna yang terdapat dalam buah biji merah ini.

Pada jambu biji merah yang mentah memiliki kandungan gula yang rendah, makanlah buah.  biji merah pada waktu siang hari akan menjadikan rasa kenyang, dan akan merasa merasa lapar dimalam harinya.

Tetapi untuk para sahabat yang memiliki badan yang kurus dan tipis buah jambu biji merah ini dapat menjadikan menaikkan berat badan, itu dikarenakan jambu biji merah banyak memiliki kandungan vitamin.

Mengobati diare dan juga disentri

Buah biji merah kaya akan astringent yaitu senyawa yang membuat gusi terasa kencang dan segar. Namun ini bisa terjadi setelah melakukan mengunyah daun jambu. Atau setelah memakan jambu biji merah yang masih mentah. Selain utuk mengencangkan gusi daun biji merah ini dapat membantu dalam masalah diare.

Astringent alami dalam jambu biji ini bersifat alkali, desinfektan dan juga anti bakteri, sehingga membantu dalam menyembuhakan disentri yang disebabkan oleh mikroorganisme dan menghambat serta menghilangkan lendir-lendir yang terdapat dalam usus nutri lain yang terkandung dari buah jambu biji merah ini adalah seperti vitamin C, karotenoid dan juga kalium yang berguna untuk memperkuat sisitem pencernaan.

Demikian isi dari artikel ini , semoga seputar tentang manfaat buah jambu biji merah ini dapat bermanfaat bagi para sahabat, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
6 Manfaat Buah Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan - posted by Trias Enik , published at 23.38, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya