Daftar Makanan Tambahan Untuk Bayi 6 bulan

by Tri Enik Pujiati , at 15.42 , have 0 komentar
Makanan tambahan untuk bayi, bayi dalam memenuhi kebutuhan nurtisinya dengan meminum ASI sejak bayi lahir sampai minimal 6 bulan.

Dan berikanlah makanan tambahan bayi untuk memberikan tambahan nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bayi karena semakin bertambahnya usia maka semakin besar pula kebutuhan nutrisi yang diperlukan dalam tubuhnya.

Makanan tambahan bayi ini bisa diberikan pada bayi saat berusia 6 bulan karena dengan seusia itu pencernaan bayi telah mampu mencerna makanan, akan tetapi berikanlah makanan tambahan dalam tekstur makanan yang lembut.

Dan untuk memberikan makanan tambahan untuk bayi yang perlu diingat pilihkanlah makanan yang mudah diserap oleh pencernaan bayi dan memilihkan makanan yang mengandung vitamin dan juga mineral yang sangat tinggi.

makanan tambahan untuk bayi

Makanan Tambahan Untuk Bayi 6 Bulan


Adapun tanda-tanda bayi siap dalam menerima makanan tambahan adalah:

1. Bayi mulai tumbuh gigi susunya

2. Bayi sudah mampu  menegakkan kepalanya sendiri

3. Belajar untuk duduk

4. Berat badan yang semakin bertambah

5. Rasa ingin tahu yang besar

6. Suka melihat makanan dan ingin merasakannya

7. Dan pada usia ini bayi akan merasa sering lapar.

Keterampilan bayi sebelum mengenal makanan tambahan adalah sebatas menghisap, merasakan makanan yang padat adalah pengalaman yang baru bagi bayi, untuk megajarkan bayi agar mampu mengenal makanan tambahan adalah:

Kenalkan terlebih dahulu tekstur makanan, tekstur makanan cair seperti susu sudah biasa dirasa oleh bayi, lama-lama kenalkanlah makanan padat pada bayi seperti menyuruhnya makan biscuit.

Selanjutnya perkenalkan makanan potong-potongan kecil pada bayi, ajarkan bayi makan potong-potongan kecil pada buah-buahan ataupun sayuran dan ajarkan pula menggenggamkan potong-potongan buah supaya bayi belajar makan.

Baca juga artikel:9 Vitamin Buat Ibu Menyusui Yang Harus Dipenuhi

Dan untuk para mama dalam memilihkan makanan tambahan, pilihlah makanan yang banyak mengandung vitamin dan juga mineral, seperti contoh bubur seral beras atau tepung beras, biji-bijian, buah-buahan yang memiliki tekstur yang lembut, dan juga sayuran, karena tujuan pemberian makanan tambahan adalah memberikan akan tambahan zat-zat gizi.

Dan juga perlu diingat semua bahan makan harus memiliki tektur yang halus dan lembut supaya memudahkan bayi dalam mencerna.

Gizi yang diberikan pada bayi haruslah seimbang dengan bertambahnya usianya, apabila anak kelebihan akan kalori maka anak akan kegemukan dan mengakibatkan malas dalam melakukan aktivitas.

Salah satu contoh makanan yang boleh dikonsumsi bayi adalah bubu susu kentang
Cara membuatnya ialah:

1. Siapkan terlebih dahulu kentang secukupnya, selanjutnya kupaslah kentang sampai bersih, kemudian cuci kentang yang telah dikupas tadi hingga bersih untuk menghilangkan kotorang dan getahnya.

2. Langkah selanjutnya rebuslah kentang yang telah dicuci tadi hingga matang

3. Setelah kentang matang selanjutnya haluskan kentang dengan cara diblander atau bisa ditumbuk hingga benar-benar halus

4. Setelah kentang halus campurkanlah kentang dengan susu formula, tepung beras halus dan sedikit air matang, aduk bahan tersebut hingga rata.

5. Setelah bahan tercampur rata langkah selanjutnya panaskan bahan tersebut dengan api yang kecil, aduk hingga matang kira-kira 15 menit.

6. Setelah bahan matang tuangkan bahan pada mangkuk, dan siap untuk disajikan pada bayi.

Serta pemberian nasi tim pada usia 6 bulan ini sangatlah diperlukan untuk menambah zat besi. Cadangan zat besi dari dalam kandungan akan habis pada usia bayi 6 bulan, oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan berupa nasi tim untuk mengatasi masalah ini. Buatkanlah nasi tim dengan campuran sayur bayam atau ayam yang memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh bayi.

Porsi jumlah pemberian makanan tambahan, antara bayi satu dengan yang lainnya berbeda-beda dikarenakan kebutuhan jumlah energi yang diperlukan bayi satu dengan yang lainnya berbeda-beda, kebutuhan ini tergantung dengan keadaan bayi, dan pada tahap awal dianjurkan pemberian makanan tambahan diberikan 3 kali dalam sehari.

Demikianlah seputar mengenahi makanan tamabahan untuk bayi, semoga artikel ini dapat bemanfaat untuk para mama dan terimaksih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Daftar Makanan Tambahan Untuk Bayi 6 bulan - posted by Trias Enik , published at 15.42, categorized as dunia baby . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya