Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Marah

by Tri Enik Pujiati , at 16.32 , have 0 komentar
Cara Mencegah Marah, Hai sahabat. gimana cara-cara sahabat dalam meredakan marah yang sahabat lakukan ketika marah?

Nah kali ini Eni di blog ini akan membahas tentang Cara Mencegah Marah, untuk mau tahu lebih lanjutnya, bacalah artikel dibawah ini.

cara mencegah marah
Ada beberapa pengertian menurut pakar misalnya:

Menurut C.P. Chaplin, Anger (marah, murka, berang, kemarahan, kemurkaan) adalah reaksi emosional akut yang ditimbulkan oleh stimulus yang merangsang, termasuk ancaman, agresi lahirilah, kekecewaan dan secara implisit disebabkan oleh reaksi serangan lahirilah, baik yang bersifat somatik atau jasmaniah maupun yang verbal atau pun lisan.

Menurut al-jaurjani yang dikutip Yadi Purwanto dan Rachmat Mulyono marah adalah perbuatan yang terjadi pada waktu mendidihnya darah di dalam hati untuk memperoleh kepuasan apa yang terdapat di dalam dada.

Menurut Muhammad Utsman Najati, marah merupakan emosi alamiah yang akan timbul manakala pemuasan salah satu motif dasar mengalami suatu kendala.

Apabila kendala tersebut menghalangi manusia untuk dapat memperoleh tujuan tertentu dalam upaya memuaskan salah satu motif dasar, maka timbullah kemarahan, berontak, dan melawan kendala tersebut. Bahkan ia akan berjuang untuk melawan kendala tersebut hingga tujuan dan kepuasan tersebut tercapai.

Menurut Mawardi Labay El-Sulthani, marah merupakan suatu luapan emosional yang meledak-ledak dari dalam yang dilampiaskan menjadi suatu perbuatan untuk membalas kepada orang yang menyebabkan marah.

Dari beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa marah adalah gejolak emosi yang diungkapkan dengan perbuatan ataupun ekspresi untuk memperoleh kepuasasan.

Marah merupakan reaksi terhadap suatu hambatan yang dapat menyebabkan gagalnya suatu usaha atau pun hambatan, biasanya bersamaan dengan berbagai ekspresi perilaku. Perilaku yang dapat mengganggu pada orang yang dimarahi bahkan orang-orang yang berada disekitarnya.

Dan untuk menghindari marah ketika ada suatu kendala yang menghalangi sahabat dalam mencapai suatu tujuan, sahabat bisa menggunakan beberapa saran praktis untuk mencegah marah, diantaranya ialah:

Cara Mengatasi Marah


cara mencegah marah
1. Tarik nafas dalam, Cara ini merupakan tindakan sederhana dengan melakukan tarik nafas dalam akan membantu sahabat meredakan kemarahan, dan dada sedikit lega dengan melakukan cara ini.

2. Tersenyum Dengan tersenyum maka stimulasi yang negatif dapat tersingkirkan dan dengan melakukan hal ini dapat meredakan kemarahan, karena tersenyum merupakan cara menawarkan niat baik kepada orang lain, tersenyum tidak memerlukan biaya, selain efektif dengan tersenyum dapat meredakan situasi ketegangan.

3. Ketika marah, jangan berkata apa-apa Ketika marah kita sering berkata-kata keras, tanpa dipikir panjang dengan perkataan yang terucap dan dapat melukai perasaan orang lain ketika marah, hal itu malah akan memperburuk keadaan, usahakan untuk tidak mengatakan apa-apa ketika sedang marah, dengan diam maka akan memberikan waktu emosi kemarahan mereda. 

Jika kemarahan menghampiri sahabat mulailah berhitung dari 1-10 dan jika sahabat sangat marah dan cara berhitung 1-10 tidak bisa meredakan kemarahaan sahabat, sahabat mulailah berhitung 1-100.

4. Acuhkan orang-orang yang berusaha membuat diri kita marah Cueglah kepada orang-orang yang sering membuat kita marah, acuhkan dari setiap perkataan mereka dan tidak merespon dengan cara apapu provokasi mereka, maka mereka akan menghindar dan kehlanggan miat untuk mengganggu diri sahabat.

5. Bersikaplah baik kepada orang lain Selalu berbuat baik kepada orang lain dan selalu memaafkan dari segala kesalahan-kesalahan yang mereka perbuat kepada diri sahabat, dapat membuat sikap lebih tenang dalam menghadapi masalaha yang menghampiri diri kita. 

 Perdamaian jauh lebih baik dari pada marah apabila kita menghargai ketenangan tentu diri kita tidak akan membiarkan kemarahan tetap ada dalam sistem kita, seperti Sri Chinmoy berpendapat “Anda mungkin punya hak untuk marah dengan seseorang, tetapi anda tahu bahwa dengan mara kepadanya anda hanya akan kehilangan kedamaian pikiran anda yang berharga.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara mencegah marah, semoga artikel ini bermanfaat, dan terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Marah - posted by Trias Enik , published at 16.32, categorized as ilmu jiwa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya