Cara Penularan Dan Cara Mencegah Virus Hiv

by Tri Enik Pujiati , at 17.08 , have 0 komentar
Hai sahabat Eni, di blog ini eni akan membahas tentang “Cara Mencegah Hiv”, untuk lebih jelasnya bacalah artikel dibawah ini.

cara mengatasi hiv
Cara mencegah Hiv, Penyakit Hiv merupakan penyakit yang menyerang manusia dan menyerang kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lemah dalam melawan berbagai macam infeksi,virus Hiv ini berada dalam cairan tubuh manusia seperti :cairan darah, cairan sperma, cairan vagina, dan cairan ASI.

Tetapi tidak semua cairan dalam tubuh terdapat HIV, cairan-cairan tubuh manusia yang tidak mengandung Hiv adalah keringat, air liur, air mata.

Tanpa  pengobatan seseorang yang positit terinfeksi Hiv  bisa bertahan hidup selama 9-11 tahun setelah terinfeksi Hiv, tergantung tipenya. Dengan kata lain hadirnya virus ini dalam tubuh dapat mengakibatkan melemahnya sistem imun.

Lalu mengapa Hiv sangat membahayakan bagi tubuh manusia, setiap sel tubuh kita memiliki CD4 yang bertugas melawan berbagai infeksi yang masuk kedalam tubuh, jadi apabila banyak infeksi yang masuk dari berbagai sumber, kita tidak setiap saat terjatuh sakit, ini dikarenaka CD4 masih berfungsi dengan semestinya untuk melawan berbagai infeksi yang masuk. Namun berbeda dengan apabila CD4 berkurang dan masuklah berbagai macam mikroorganisme yang patogen di sekitar, maka kita dapat mudah mengalami sakit.

Gejala-gejala dan ciri-ciri yang umum terjadi dari Hiv, melupiti:

1. Demam yang berkepanjangan selama 1 bulan

2. Demensia/HIV ensefalopati

3. Diare kronis yang berlangsung lebih dari 1 bulan

4. Penurunan kesedaran dan gangguan neurulogi.
Sedangkan gejala-gejala dan ciri-ciri minor (tidak umum terjadi)

1. Infeksi jamur berulang yang terjadi pada kelamin wanita

2. Batuk menetap lebih dari 1 bulan

3. Dermatitis generalisata.
Penyebaran atau meluasnya Hiv terjadi, diataranya:

1. Tranfusi darah yang positif Hiv

2. Antara ibu dan bayi selama masa kehamilan, kelahiran dan masa menyusui

3. Hubungan sesk bebas.

4. Pengunaan jarum suntik secara bersamaan yang terkontaminasi Hiv

5. Terjadinya luka akibat pemakaian benda yang bersamaan seperti: silet pisau cukur yang terkontaminasi Hiv.

Contoh Cara Mencegahan HIV

HIVCara Mencegahan Terhadap Hiv

1. Gunakanlah kondom dalam melakukan hubungan seks untuk mencegah tertularnya Hiv, cara ini banyak disosiasikan oleh berbagai badan kesehatan.

2. Hindari pergaulan bebas pergaulan bebas dengan bergonta ganti pasangan, ini dapat menjadikan salah satu penyebab utama penyebaran virus Hiv

3. Jauhi Komunitas pengkomsumsi narkoba, komunitas narkoba biasanya lebih sering menggunakan jarum secara bersamaan, apabila satu pengguna terinfeksi virus Hiv dan jarumnya dipakai kepada orang yang belum terinfeksi maka orang tersebut akan terinfeksi juga.

4. Jangan Memberikan air susu orang lain, hindari memberikan asi orang lain kepada buah hati anda, bisa saja buah hati akan tertular Hiv apabila air susu itu dibeli dari wanita yang terinfeksi Hiv.
Pada saat paling awal Hiv dapat ditest atau dideteksi dengan pemeriksaan darah, walaupun tidak menampakan tanda dan gejala apapun. Dan tahap kedua setelah terjadinya gejala klinis misalnya perubahan pada kulit menjadi jelek, gatal-gatal dan batuk pilek seperti flu biasa. Pada tahap ketiga akan mengalami penurunan berat badan dan terkena TBC.

Dan tahap selanjutnya telah mengalami komplikasi, dan akan sulit disembuhkan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Di tahun 2014 the Joint United Nation Program on HIV/AIDS (UNAIDS) memberikan rapot merah kepada indonesia dikarenakan penanggulangan HIV/AIDS. Pasien baru meninggal 47% sejak 2005.

Kematian akibat dari AIDS di Indonesia masihlah tinggi, dikarenakan hanya 8 pasien positi HIV yang mendapat penanganan khusus pengobatan antriretroviral. Indonesia adalah negara ketiga di dunia yang memiliki penderita Hiv terbanyak 640.000 jiwa, setelah china dan India, itu dikarenakan ketiga negara tersebut memiliki jumplah penduduk terbanyak, hanya saja prevalensi di indonesia hanya 0, 43% atau masih di bawah tingkat epidemi sebesar 1%.

Demikianlah penjelasan dari Artikel “Cara Mencegah Hiv”, semoga Artikel ini bisa meningkatkan agar kita tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat kita tertular virus Hiv yang belum tahu saat ini obatnya, terimakasih telah membaca.? 

Baca Jua Artikel:Cara Mencegah Terhadap Virus Ebola
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Penularan Dan Cara Mencegah Virus Hiv - posted by Trias Enik , published at 17.08, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya