Cara Ampuh Mencegah Dan Mengobati Bisul

by Tri Enik Pujiati , at 23.03 , have 0 komentar
Cara mencegah bisul, bisul merupakan infeksi akut pada kulit meliputi seluruh folikel rambut dan jaringan subkutaneus di sekitarnya. Bisul ini awalnya berbentuk benjolan keras yang berwarna merah yang didalamnya mengandung nanah dan memberikan rasa nyeri.

Bisul ini akan berfluktuasi dan tengahnya menjadi putih atau kekuningan. Penyakit bisul ini dapat sembuh dengan sendirinya, dan bisa spontan pecah dan mengeluarkan nanah, dan sedikit bercampur darah, akan tetapi dalam bisul yang menetap atau kronis bisa memakan waktu yang lama dapat memerlukan waktu berbulan-bulan bahkan bisa bertahun-tahun.

cara mencegah bisulGejala yang ditimbulkan oleh bisul karena abses bisul akan berwarna kemerahan (rubor), berbetuk kerucut dan membengkak (tumor), terasa nyeri (dolor), dan terasa panas (calor) yang meluas kira-kira sampai berdiameter 1-2 cm.

Tak lama akan berisikan nanah kemudian akan menetap pada kulit, dan biasanya kebanyakan dari kita selalu menyepelekan akan bisul tanpa pengobatan, lebih sering kita katakan bahwa menunggu bisul menjadi matang dan berwarna kemerahan, kalau bisa bisul diusahakan jangan sampai bernanah, jika sampai bernanah akan mengakibatkan kerusakan jaringan yang lebih parah dan mengakibatkan kulit bisa menjadi berongga.

Bisul ini lebih sering menyerang anak-anak dikarenakan anak-anak belum bisa menjaga kebersihan dirinya, bagian tubuh yang sering diserang bisul yaitu bagian bokong, ketiak, pinggang, tengkuk dan juga leher.

Baca juga artikel tentang:

Penyebab dari bisul ini merupakan bacteri staphyloccoccus aureus yang paling sering penyebabnya. Bakteri ini lebih sering terdapat pada daerah kulit hidung dan disekitar kemaluan.

Integritas permukaan kulit merupakan sebuah benteng pertahanan terhadap serangan bakteri akan tetapi dapat dipengaruhi ole beberapa faktor, seperti irtasi pada kulit, tekanan, gesekan, keringat, didaerah payudara, wajah, dan disekitar bokong, radang pada kulit, dan beberapa faktor lainnya. Apabila intregitas kulit ini terganggu maka bakteri akan lebih mudah menyerang pada permukaan kulit.

Beberapa faktor seseorang yang muah sekali terserang oleh penyakit bisul adalah: seseorang dengan nutrisi yang kurang, daerah kulit yang berminyak, riwayat akan jerawat, ketombe, gangguan akan daya tahan tubuh dan kondisi-kondisi dimana daya tahan tubuh menurun, seperti orang yang menderita diabetes melitus, dan seseorang yang tingkat kebersihannya yang buruk.

Cara Mencegah Bisul Datang Lagi

Pencegahan akan penyakit bisul ini diantaranya ialah

Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan ialah dengan menjaga kebersihan kulit pakailah sabun yang mengandung zat anti bakteri merupakan cara yang paling tepat untuk mencegah terjadinya infeksi atau penularannya.

Bisul ini dapat menyerang siapa saja tetapi yang lebih sering terserang yaitu kebanyakan anak-anak, atau seseorang yang suka memakan telur.

cara mencegah bisul
Selalu jaga kebersihan lingkungan, lingkungan yang kotor dapat mengakibatkan infeksi, kebanyakkan anak-anak menghabiskan waktunya dengan bermain, anak-anak lebih suka berimajinasi atau keingin tahuannya tinggi anak lebih suka main tanah, dan biasanya anak-anak setelah selesai main anak tidak langsung mencuci tangan, dengan tanggan yang kotor anak lebih suka menggaruk permukaan kulit yang terasa gatal sehingga mempermudahkan masuknya kuman yang dapat mengakibatkan infeksi.

Oleh sebab itu kita sebagai orang tua harus selalu menjaga kerbersihan lingkungan dan selalu waspada dengan anak kita.

Pengobatan

1. Jika bisul hanya satu ataupun beberapa dan masih kecil dipermukaan bisanya dapat disembuhkan dengan antibiotik. Salep antibiotik yang dioleskan pada daerah permukaan kulit ini lebih efektif dar pada pengobatan lain.

2. Gunakanlah salep penisilin merupakan obat yang paling tepat, dikarenakan bakteri staphylococcus aureus penyebab bisul ini sangat resisten terhadap penisilin.

3. Kompreslah dengan air hangat akan memberikan rasa sensasi yang nyaman.

Demikianlah seputar mengenai berbagai cara pencegahan terhadap penyakit bisul, semoga artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Mencegah Dan Mengobati Bisul - posted by Trias Enik , published at 23.03, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya