Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Asam Urat

by Tri Enik Pujiati , at 16.50 , have 0 komentar
Cara Mencegah Asam Urat, sering mengalami pegal-pegal pada persendian?, pada pertrmuan kali ini Eni akan membahas seputar mengenahi "Cara Mencegah Asam Urat".

Apabila nenek Eni sering mengalami pegal-pegal pada persendian Eni sarankan untuk melakukan langkah-langkah dibawah ini, dan hasilnya nyeri pada persendian nenek berkurang, untuk tahu lebih lanjutny bacalah artikel dibawah ini.

Asam urat atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan (gout) adalah penyakit yang banyak menyerang orang-orang yang telah berusia 30 keatas, penyakit asam urat ini merupakan zat hasil metabolisme dari purin dalam tubuh.

Zat asam urat ini biasanya akan dikeluarkan melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga darah akan kelebihan akan zat asam urat ini. Berdasarkan pengertian asam urat ini maka dapat disimpulkan bahwa penyakit asam urat ini adalah penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan asam urat dalam darah kemudian menumpuk dan tertimbun pada persendiaan.

cara mencegah asam uratBerikut, beberapa gejala yang ditimbulkan oleh asam urat:

Nyeri yang menyerang persendiaan, terasa ngilu, linu, kesemutan dan bahkan sampai terjadi pembengkakan dan berwarna kemerahan (meradang).

Nyeri pada persendiaan biasanya terasa menyerang pada pagi hari rasa ini berulang-ulang. Yang terjadi pada jari kaki, jari tanggan, dengkul, tumit dan pergelangan tangan serta siku.

Pada kejadiaan kasus yang parah, persendiaan akan terasa sangat sakit saat akan melakukan gerak. Dan untuk mengetahui lebih pasti diperlukannya untuk melakukan pemeriksaan laboratorium . untuk kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 hingga 7 ml/dl dan untuk wanita 2,6-6 mg/dl.

Adapun penyebab penyakit dari asam urat ini meliputi:

Terlalu banyak mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung purin, contohnya cumi-cumi, jeroan ayam, zat purin masuk kedalam tubuh kemudian melalui metabolisme selanjutnya akan berubah menjadi asam urat.

Asam urat yang terlalu banyak didalam tubuh akan mengakibatkan ginjal tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat, kemudian asam urat yang terlalu banyak didalam tubuh akan mengendap pada persendian, dan akan menimbulkan rasa nyeri, bengkak, panas kaku serta akan menjadi meradang.

Apabila asam urat ini terlalu banyak dan akan semakin parah akan mengakibatkan ketidak mampuan berjalan karena persendiaan terasa sakit ketika digunakan gerak. Dan lama-lama persendiaan akan mengalami kekeroposan dan pengapuran tulang.

Sedangan penyebab asam urat ada dua faktor:

1. Faktor primer penyebabnya dan pencegahannya

2. Potensi genetik, genetik dapat menjadi salah satu penyebab karena penyakit ini bisa dikarenakan keturunan, untuk itu untuk menghindari asam urat ini dan jika keturunan dapat mengatur pola makan yang sehat.

3. seimbangan hormon, hormon adalah pembawa pesan kimiawi antara sel atau anatara kelompok sel. Ketika hormon menemukan sel-sel taget, maka hormon akan mengikat protein.

Ketidak seimbangan sangat dipengaruhi oleh:

1. Ketidakseimbangan emosi dan pola hidup yang yang tidak teratur.

2. Lakuka pola hidup yang baik dan menyeimbangkan masa aktif

3. Melakukan detosifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh.

Proses mengeluaran asam urat tergantung ginjal

Produksi asam urat terbentuk akibat metabolisme dan dalam keadaan normal akan dikeluarkan oleh tubuh melalui ginjal bersama urine. Tetapi dalam kondisi tertentu asam urat tidak bisa dikeluarkan.
Untuk mencegah asam urat penyebab yang ketiga ini, meliputi:

Selalu jagalah kesehatan ginjal

Dengan banyak mengkomsumsi banyak air putih. sahabat sudah bisa menjaga kesehatan ginjal, minumlah air putih 8 gelas dalam sehari.

Hindari mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung purin, terutama bagi yang lagi punya masalah dengan ginjal.

Sedangkan penyebab asam urat yang disebabkan oleh faktor sekunder dan pencegahannya

Mengkomsumsi makanan yang tinggi purin.

Produksi makanan yang tinggi purin

Makanan yang banyak mengandung purin dapat mengakibatkan asam urat, tingginya purin dalam darah akan menaikkan hasil samping metabolisme yatu asam urat. Cara mencegahnya ialah dengan selalu menghindari makanan yang banyak mengandung purin.

Alkohol dan obat-obatan kimia
Alkohol juga dapat menjadikan asam urat karena alkohol juga mengandung purin, didalam alkohol juga bisa memicu enzim tertentu didalam liver yang dapat memecah protein dan menghasilkan banyak asam urat.

Demikian juga obat-obatan kimia di satu sisi obat-obatan bisa menyenbuhkan penyakit tetapi disisi lain obat-obatan juga dapat berbahaya bagi organ-organ vital tubuh seperti ginjal dan juga liver serta organ lain.

Cara Mencegah Asam Urat Tinggi


cara mencegah asam uratCara mencegah asam urat dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Hindari minuman yang beralkohol.

2. Dan hindari juga obat-obatan kimia terkecuali dalam kondisi yang darurat.

3. Pantangan bagi penderita asam urat meliputi:
Jeroan, seafood, kacang-kacangan seperti (melinjo, emping, kacang tangah, kacang hijau),  sayuran seperti (kol, bayam, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, dan kangkung).

4. Hindari buah-buahan tertentu seperti (durian, nanas dan air kelapa), makanan gorengan atan bersantan serta makanan yang banyak mengandung akan protein dan juga lemak.

Selain pantangan-pantangan diatas penderita harus rajin mengkomsumsi air putih yang banyak akan membantu kerja ginjal, terutama pada penderita batu ginjal. Dengan banyak minum air maka ginjal akan mudah dalam mengeluarkan asam urat.

Demikianlah seputar mengenahi asam urat, semoga artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih telah membaca.
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Ampuh Dan Jitu Mencegah Asam Urat - posted by Trias Enik , published at 16.50, categorized as penyakit . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya