Cara Tepat Mengatasi Diare Dengan Larutan Oralit

by Tri Enik Pujiati , at 19.35 , have 0 komentar
Cara membuat larutan oralit. Pernahkan sahabat mengalami diare?, diblog ini Eni akan membahas tips menurut pengalaman Eni membuat larutan oralit secara mudah di rumah saat mengalami diare“cara membuat larutan oralit” seperti inilah caranya:

Diare ini timbul dikarenakan biasanya lingkungan yang kurang bersih dan kebiasaan buruk yaitu jarang mencuci tangan sebelum makan. Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan berubahnya kondisi tinja dari lembek sampai cair disertai dengan bertambahnya frekuensi buang air besar yaitu > 3 kali dalam satu hari oleh sebab itu saat tubuh terkena diare tubuh akan merasakan lemah dan lemas dikarenakan tubuh banyak mengeluarkan cairan jika tidak segera ditanggani bisa berakibat fatal yaitu kematian.

cara membuat oralit

Cara Membuat Larutan Oralit Sendiri


Ada beberapa tips saat terserang diare, meliputi :

1. Minum air putih

Dianjurkan untuk banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat diare, hindari untuk minum kopi, teh dan sebagainya yang dapat meningkatkan asam lambung.

2. Makan makanan khusus

Hindari makan makanan yang berserat seperti agag-agar, sayur dan buah karenan makanan yang banyak mengandung serat akan memperpanjang masa diare. Makanan berserat hanya baik dikomsumsi oleh penderita yang susah buang air besar. Bagi penderita diare sebaiknya mengkomsumsi makan makanan yang rendah serat dan halus misalnya bubur nasi dan nasi lemas dengan lauk telur asin. Kandungan nasi akan memberikan energi untuk tubuh sedangkan telur asin akan memberikan protein dan garam untuk menghentikan terjadinya diare serta sebagai pembangun untuk tubuh. Hindari makan makanan yang pedas yang mengandung cabai dan lada.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat sangat dianjurkan pada penderita diare dikarenakan  tubuh terasa lemas dan lesu dikarenakan banyak keluarnya cairan tubuh.

Cara Membuat Larutan Oralit

Minum obat diare/ORALIT

Dan yang terakhir minumlah larutan oralit, jika  kita tidak menemukan larutan bubuk kita dapat membuat larutan oralit sendiri di rumah caranya mudah lhooo.....

cara membuat oralit
Langkah- langkah membuat larutan oralit

200 ml air atau satu gelas belimbing.

2 sendok teh gula pasir

1 sendok garam halus

Semua bahan tersebut dicampur jadi satu kemudian minumkan pada penderita, untuk memaksimalkan penggunan maka diminum sesuai aturan.yaitu sebagai berikut:
Pada usia kurang dari 1 tahun dapat diberikan larutan oralit ini sebanyak ½ gelas dan berikan ½ gelas setelah penderita BAB

Pada usia 1-4 tahun dapat di berikan larutan oratit ini sebanyak 3 gelas dan berikan 1 gelas setelah BAB

Pada usia 5-12 tahun berikan larutan oralit ini 6 gelas dan setelah BAB 1 ½ gelas.

Pada usia dewasa berikan oralit 12 gelas dan setelah BAB 5 gelas.

Larutan oralit adalah larutan yang digunakan untuk mengatasi diare, larutan ini juga sering disebut dengan rehidrasi oral. Kandungan dari larutan oralit ini meliruti :

Natrium klorida

Kalium klorida

Glukosa anhidrat dan natrium bikarbonat.

Larutan oralit ini memiliki nama generik oralit dengan memiluiki nama merek dagang seperti:

Alphatrolit, Aqualyte, Bioralt dan Carsolit.Semua memiliki tujuan yang sama yaitu mencegah terjadinya dehidrasi.

Artikel ini dibuat dengan tujuan agar kita dapat memahami cara-cara dan tahap-tahap pembuat oralit yang baik dan benar. Ini diperlukan untuk meminimalkan kesalahan dalam pembuatan larutan oralit, selain itu juga memberikan informasi kepada pembaca agar memberikan larutan laruta sesuai dengan kelompok umur tertentu.

Terimakasih telah membaca artikel ”Cara Membuat Larutan Oralit” semoga tips kesehatan ini dapat bermanfaat. Semoga sehat selalu SAHABAT.

Baca juga artikel:Cara Ampuh Mencegah Tetanus
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Tepat Mengatasi Diare Dengan Larutan Oralit - posted by Trias Enik , published at 19.35, categorized as tips-tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Nama Saya Tri Enik Pujiati Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Follow Saya